Ini Lima Caleg Potensial Nasdem di Sumut

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Jelang Pemilu 2024, sejumlah nama bakal calon anggota legislatif (caleg) muncul. Partai NasDem Sumut menargetkan penambahan kursi DPR RI pada Pemilu 2024 dengan menunjuk sejumlah tokoh berpengaruh di Sumut. 

Dari informasi yang dikumpulkan media, Partai NasDem Sumut akan mencaleg-kan lima tokoh berpengaruh yang akan bertarung di tiga Dapil DPR RI di Sumut. 

1. Prananda Surya Paloh. Putera kandung Ketum Partai NasDem, Surya Paloh ini merupakan incumbent yang sudah hampir 10 tahun menjadi anggota DPR RI dari Dapil Sumut 1. Prananda Surya Paloh lewat PSP Center melakukan berbagai kegiatan sosial serta merawat jaringan pemilihnya di kawasan Dapil Sumut 1 yang terdiri dari Kota Medan, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Deliserdang dan Kabupaten Serdangbedagai. Prananda dianggap sangat potensial meraih dukungan dari pemilih karena kiprahnya selama ini. Dia juga menjadi komandan Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem. 

2. Rahudman Harahap. Walikota Medan 2010-2015 ini bergabung di Partai NasDem Sumut sebagai Dewan Pakar. Rahudman mempunyai kedekatan dengan berbagai kalangan masyarakat Sumut karena gayanya yang merakyat. Dia juga mempunyai pendukung fanatik khususnya di kawasan Medan Utara dan Deliserdang. Rahudman akan dicalegkan Partai NasDem Sumut ke DPR RI dari Dapil Sumut 1. Rahudman juga diyakini akan dapat mendongkrak perolehan suara Partai NasDem bersama-sama dengan Prananda Surya Paloh. 

3. Ikhwan Lubis. Mantan Kapolres Batubara ini akan maju sebagai caleg DPR RI dari Dapil Sumut 3. Ikhwan dikenal sebagai pendiri Komunitas Sedekah Jumat (KSJ), sebuah lembaga filantrophy yang berfokus membantu masyarakat tidak mampu. 

4. JR Saragih. Mantan Bupati Kabupaten Simalungun selama 10 tahun ini dikenal punya basis massa yang kuat di Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun. Nama JR Saragih disebut-sebut akan menjadi caleg Partai NasDem untuk DPR RI dari Dapil Sumut 3. JR Saragih pernah menjadi Ketua Partai Demokrat Sumut namun kemudian lengser. 

5. Martin Manurung saat ini merupakan anggota DPR RI dari Dapil Sumut 2. Kiprahnya sangat baik memberikan kontribusi bagi masyarakat di Dapil Sumut 2. Martin merupakan mantan penyanyi cilik yang kemudian berkiprah di politik. Pada Pemilu 2024 ini, nama Martin diyakini akan masuk kembali menjadi caleg DPR RI Partai NasDem dari Dapil Sumut 2. 

Ketua Pergerakan Kader Nahdlatul Ulama (PKNU) Sumut, Aulia Andri didampingi Sekretaris PKNU Sumut, Sofyan Akbar menyambut positif lima nama yang beredar tersebut. Menurut Aulia Andri, potensi kelima nama tokoh tersebut harus diapresiasi sebagai semangat membesarkan Partai NasDem Sumut oleh Ketua DPW Partai NasDem Sumut, Iskandar. 

"Kalau benar nama-nama itu yang masuk radar pencalegkan Partai NasDem di Sumut tentu itu sangat positif. Mereka punya kekuatan dan basis massa yang kuat sehingga bisa memperbesar suara Partai NasDem di Sumut secara nasional," kata Aulia Andri yang juga merupakan kader NasDem, Rabu (8/2/2023) di Medan. 

Sementara itu, pengamat hukum dan politik Sumut, Zakaria Rambe menilai munculnya nama-nama tokoh itu menunjukkan keseriusan Partai NasDem Sumut melakukan ekspansi suara. Zakaria meyakini Partai NasDem Sumut akan mengalami kenaikan suara secara signifikan dengan mencalonkan figur-figur yang mempunyai ketokohan dan pengaruh luas. 

"Saya yakin pada Pemilu 2024 ini, NasDem akan memperoleh kenaikan suara signifikan dengan munculnya tokoh-tokoh ini. Tentunya juga tak terlepas dari sosok Anies Baswedan yang dicalonkan NasDem sebagai capres. Jadi akan terjadi juga Anies Effect yang memperbesar vibrasi politik NasDem di Sumut," katanya.(Rel/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini