Pengawas TPS Ujung Tombak Pengawasan

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Utara Romson Poskoro Purba menyatakan bahwa Pengawas TPS adalah ujung tombak pengawasan. 

Demikian disampaikannya di hadapan Ketua dan Anggota Panwascam dari 12 Kecamatan se-Kabupaten Batu Bara pada kegiatan Bimtek Persiapan Pembekalan Pengawas TPS bagi Panwascam se-Kabupaten Batu Bara di Singapore Land, Batu Bara pada Minggu (21/01/2024).

“Bahwa dalam pelaksanaan pengawasan pemilihan, Pengawas TPS adalah panglima di TPS yang menjadi ujung tombak pengawasan, oleh karena itu Bapak/Ibu Panwascam harus memberikan penguatan kepada PTPS untuk melaksanakan tugasnya dengan baik,” ungkapnya.

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Sumut ini juga menambahkan bahwa bagaimana tugas Pengawas TPS berperan penting dalam menciptakan demokrasi yang baik.

“Di TPS lah penentuan apakah demokrasi berlangsung atau tidak, di TPS lah terjadi apakah pemungutan dan penghitungan suara juga berlangsung dengan baik, oleh karena itu pengawasan yang dilakukan oleh PTPS harus sesuai prosedur dan peraturan,” katanya.

Dalam kesempatan ini juga mantan Ketua Bawaslu Toba ini memaparkan tugas dan fungsi Pengawas TPS dalam pemilu serentak.

“PTPS bertugas mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara, dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS,” ujarnya.

Selain itu juga Romson menjelaskan bahwa PTPS berwenang menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran, kesalahan dan/atau penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara.

“Oleh karena itu, Panwascam harus memberi penguatan ke PTPS bahwa kewenangan mereka besar untuk menentukan semua proses di TPS berjalan sesuai aturan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Romson meminta Panwascam untuk senantiasa membantu dan memandu PTPS dalam melaksanakan tugasnya.

”Ingatkan mereka Bapak/Ibu untuk mencatat semua kejadian yang terjadi di TPS, buatkan catatan khusus dan nantinya dituangkan dalam Formulir A,” ungkapnya lagi.

Turut hadir juga dalam kegiatan ini Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Batu Bara masing-masing M.Amin Lubis, Muksin Kalid, Amin Rais Harahap yang didampingi Koordinator Sekretariat Suryanti Lubis.(Bos/MSC)


 

Share:
Komentar

Berita Terkini