PPDB SMAN Jalur Zonasi Dibuka, Orangtua Datangi Sekolah

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Hari pertama penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMAN jalur zonasi puluhan orangtua mendatangi sekolah di antaranya terlihat di SMAN 7 Medan untuk meminta penjelasan sistem pendaftaran PPDB. Penerimaan berlangsung hingga 27 Juni 2020.

Kepala sekolah (Kepsek) SMAN-7 Medan Drs H Masri Lubis MSi kepada wartawan ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (19/6/2020) mengutarakan untuk penerimaan jalur zonasi  berdasarkan jarak titik koordinat rumah menuju sekolah pilihan. Nanti pihak dinas memiliki aplikasi yang memberikan nilai hari tersebut.

Selanjutnya sekolah melakukan verifikasi awal dengan melihat aplikasi pendaftaran yang disediakan dinas, di mana aplikasinya dibuka pada pukul 17.00 WIB.

"Dari aplikasi kita (sekolah-red) bisa melihat alamat siswa yang mendaftar sudah sesuai dengan KK dan koordinat saat mendaftar,” ungkapnya untuk membantu pendaftaran siswa pihak sekolah membuka posko.

Dikatakannya, petugas posko hanya melayani orangtua dan anaknya yang kesulitan mendaftar lewat androidnya.

Makin dekat jarak rumah ke sekolah makin besar peluang anak didik yang bersangkutan masuk di sekolah tersebut.

"Karenanya, kami mengimbau kepada peserta didik agar mendaftar langsung di rumah masing-masing dengan alamat sesuai yang tertera di kartu keluarga (KK)," ujarnya kalau tidak sesuai titiknya maka akan kami tolak pendaftarannya agar koordinatnya disesuaikan seperti yang tertera di KK.

Kami sengaja menolaknya agar yang bersangkutan mendaftarkan diri kembali dengan melakukan perbaikan titik koordinat.

Terkait keabsahan KK yang digunakan saat mendaftar, di mana jika ada pindah KK minimal yang bersangkutan sudah 6 bulan di alamat tersebut.

"Jika yang bersangkutan sudah tidak tinggal di lokasi seperti tertera dalam KK titik yang dihitung tetap berdasarkan alamat di KK," tukasnya sembari menyatakan pengaplikasikan penilaian dari jarak rumah siswa ke sekolah dilakukan pihak Disdik. Pihak sekolah memverifikasi KK dan pencocokan nama  siswa yang ada di KK dengan yang di upload. Setelah itu diserahkan ke Cabang Dinas (Cabdis).

“Kalau SMAN 7 Cabdis Medan Selatan. Cabdis lalu memverifikasi lagi setelah itu Disdik Sumut melakukan perangkingan,” ungkapnya.

Dua Gagal Daftar Ulang

Dalam kesempatan itu  Kepsek SMAN 7 Medan juga menyampaikan pada PPDB tahap 1 dari keseluruhan siswa yang lulus jalur  prestasi (akademik dan non akademik), afirmasi, dan pindahan tugas orangtua serta anak guru berkisar 107 siswa yang mendaftar ulang. Dua mundur saat mengikuti daftar ulang karena tidak mampu dan merasa jarak sekolah  kejauhan dari rumah.

“Siswa yang mendaftar 70 jalur prestasi, 35 afirmasi dan  2 pindah kerja orangtua /anak guru. Sedangkan PPDB tahap II untuk jalur zonasi ini tersedia 209 bangku di mana rencananya SMAN7 Medan membuka 9 rombel dengan jumlah siswa 36 perombelnya,” tukasnya. (Irn/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini