-->

USU Kembali Terbaik 3 SAKIP Menpan RB

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Universitas Sumatera Utara (USU) salah satu Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) yang meraih The Best 3 untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Menteri PAN RB dengan memperoleh Nilai 95,33 dengan predikat AA.

"Alhamdulillah USU berhasil menjadi The Best 3 SAKIP dengan memperoleh Nilai 95,33 dengan predikat AA setelah Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung," ujar Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum didampingi Kepala Humas dan Protokoler Elvi Sumanti kepada wartawan ketika dihubungi, Rabu (22/7/2020).

Dikatakannya, setelah USU menyusul Undip predikat AA (94,71), ITB AA (94,19), IPB AA (91,48), Unpad A (87,87), UI A (87,76), ITS A (80,66), UGM BB (77,98) dan Unhas (67,02) predikat B.

"USU peringkat pertama universitas di luar Jawa yang meraih predikat SAKIP," paparnya sembari mengucapkan terimakasih atas kerja sama segenap civitas akademika USU.

Sebelumnya, ungkap Rektor,  hingga Juli 2020 ini, USU juga meraih sejumlah prestasi sesuai visi-misi sebagaimana tertuang dalam Renstra USU 2015-2019, di mana atas kerja keras kita semua pada Februari 2018 USU telah berhasil meraih akreditasi A (unggul).

Klaster I

Selanjutnya pada Agustus 2019 USU telah berhasil masuk dalam Klaster I, berdasarkan Klasterisasi Perguruan Tinggi I Non Vokasi yang dilakukan oleh Kementerian Ristek Dikti.

Lalu kinerja di bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat  (PPM) juga mengalami peningkatan yang luar biasa.

"Di bidang penelitian tahun 2019 Lembaga Penelitian USU berhasil memperbaiki peringkatnya dari peringkat 51 pada tiga tahun sebelumnya menjadi peringkat 15, dan mendapat predikat Lembaga Penelitian Mandiri," ungkapnya.

Demikian juga Lembaga Pengabdian Masyarakat USU berhasil naik dari peringkat 52 menjadi peringkat 7, yang berarti naik 45 peringkat.

Pada 27 Mei 2020 yang lalu Menristek-BRIN mengumumkan pemeringkatan Science and Technology Index (SINTA) di mana USU berada di peringkat 5 setelah UI, UGM, ITB dan IPB, di mana posisi ini belum pernah dicapai sebelumnya.

Dari pengumuman ini diumumkan juga 500 peneliti terbaik dan 22 orang dosen USU masuk ke dalam 500 peneliti terbaik tersebut. Untuk peringkat 14 adalah Prof Dr Basyuni dari Fakultas Kehutanan USU.

Kemudian berdasarkan jumlah permohonan Patent ke Ditjen Kekayaan Intelektual Kemenkum-HAM 2019, Universitas Sumatera Utara juga masuk peringkat 7 dengan jumlah 96 permohonan dan yang terbit di tahun 2019 sebanyak 35 sertifikat Patent.

Selanjutnya pemeringkatan lainnya yang sangat membanggakan yakni pemeringkatan berdasarkan jumlah publikasi ilmiah pada Jurnal Internasional Terindex Scopus, di mana pada tahun 2020 ini USU menduduki peringkat 10 dengan jumlah publikasi 5.053.

Sebagai upaya untuk rintisan menuju pengakuan internasional, USU juga terus memperbaiki peringkatnya dalam berbagai pemeringkatan internasional, antara lain dalam pemeringkatan Webometric, saat ini USU berada di peringkat 8 di Indonesia atau peringkat 1.872 di dunia.

USU juga masuk pada peringkat 160 pada 200 Universitas Top di Asia (Top 200 Universitas di Asia).

Pada Februari 2018 USU meraih bintang tiga atas penilaian QS Rating dan Tim USU saat ini terus bekerja keras untuk masuk dalam penilaian QS Ranking.

"Dari segi pengelolaan keuangan selama empat tahun, berturut-turut sejak kami menjalankan amanah sebagai Rektor pada Januari 2016, Kantor Akuntan Publik memberikan kualifikasi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," paparnya.

Menurut Rektor, semua prestasi dan capaian USU ini merupakan kerja keras dan dukungan dari seluruh unsur sivitas akademika, dosen dan mahasiswa, serta tenaga kependidikan USU.

"Termasuk dukungan pendanaan dari Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kemenristek-BRIN, serta Kementerian lain yang terkait, Pemprov Sumut serta Dunia Usaha baik BUMN maupun swasta," paparnya. (Irn/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini