-->

Pendaftaran Ditutup, Bapaslon Bobby Vs Akhyar di Pilkada Medan

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Hanya dua pasangan yakni paslon Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman dan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi yang mendaftar sebagai bakal pasangan calon kepala daerah yang akan bertarung dalam Pilkada Medan 9 Desember 2020 mendatang.

Demikian Ketua KPU Medan Agussyah Ramadhani Damanik didampingi Komisioner M Rinaldi Khair, Nana Minarti, Zefrizal dan Edi Suhartono kepada wartawan, Minggu (6/9/2020) malam.

Meski demikian, para personel peneriman pendaftaran tetap stanby di gedung KPU Medan hingga pukul 24.00 WIB.

"Rencananya lewat pukul 24.00 WIB, kami akan melaksnakan apel penutupan pendaftaran calon Walikota dan Wakil Walikota Medan yang akan bertarung dalam Pilkada Medan," ujarnya sembari menyatakan kecil kemungkinan munculnya paslon lainnya yang akan mendaftar karena kursi partai yang ada sudah diborong dua pasangan calon di mana bapaslon Bobby Nasution-Aulia Rachman diusung 8 partai politik yakni PDIP 10 kursi, Partai Gerindra 10 kursi, PAN 6 kursi, Partai Golkar dan Partai Nasdem masing-masing 4 kursi, Partai Hanura dan PSI masing-masing 2 kursi dan PPP 1 kursi total keseluruhan 39 kursi.

Sedangkan pasangan Plt Walikota Medan Akhyar Nasution-Salman Alfarisi diusung PKS 7 kursi dan Partai Demokrat 4 kursi.

"Jadi sudah lengkap 50 kursi sesuai jumlah kursi DPRD Medan," ungkapnya sesuai peraturan partai politik hanya sekali mendaftar di KPU Medan.

Ia mengakui memang bisa-bisa terjadi ada bapaslon lain mendaftar malam hingga enjury time tapi kemungkinan itu kecil sekali.

"Di daerah lain mungkin kalau di Medan kecil kemungkinannya," ungkapnya.

Menurutnya setelah masa pendaftar, dilanjutkan dengan verifikasi guna penelitian dan pemeriksaan keabsahan berkas yang diserahkan ke KPU Medan mulai dari ijazah latar belakang pendidikan seluruh paslon dan seluruh dokumen lainnya. Untuk verifikasi berkas ini KPU Medan akan berkoordinasi dengan instansi terkait mulai dari Disdik untuk penelitian ijazah yang bersangkutan, dan instansi lainnya.

"Masa penelitian ini dimulai dari 6-12 September," ungkapnya. Setelah itu, pada 8 September akan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan mental/rohani bapaslon yang akan dilaksanakan di Hotel Santika Dyandra Medan, lalu pemeriksaan kesehatan jasmani akan dilaksanakan di RSUP Adam Malik Medan pada 9 September 2020.

"Memang dalam jadwal untuk pemeriksaan kesehatan mulai 6-11 September 2020, namun karena seluruh bapaslon di 23 kabupaten/kota yang akan diperiksa di RSUP Adam Malik maka untuk bapaslon Kota Medan dijadwalkan pada 9 September," ungkapnya. (Irn/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini