-->

Bupati Karo Resmi Buka Musrenbang RKPD Tahun 2022

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, secara resmi membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Karo Tahun 2022, di Aula Kantor Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Kamis (18/3/2021). Diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, mengukur suhu badan, memakai masker, menjaga jarak serta memakai hand sanitizer.

Penerapan protokol kesehatan, Musrenbang RKPD Kabupaten Karo tahun 2022 ini  dilaksanakan dengan pertemuan tatap muka dan secara virtual melalui media aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini dikuti oleh unsur-unsur DPRD Kab. Karo, Forkopimda Kabupaten Karo, Perangkat Daerah Se-Kabupaten Karo, para akademisi, pelaku  usaha, tokoh organisasi sosial dan kemasyarakatan serta keterwakilan perempuan. 

Maksud dan tujuan diselenggarakannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD Kabupaten Karo ini adalah untuk mendapatkan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan dalam rangka penyempurnaan Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Karo tahun 2022.

Dalam sambutannya  Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, menyampaikan bahwa Musrenbang RKPD Kabupaten Karo Tahun 2022 ini merupakan perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah yang berfungsi sebagai media antar pihak atau stakeholder untuk melakukan kesempurnaan dokumen perencanaan pembangunan yang disusun.

“Untuk itu, perencanaan pembangunan daerah yang disusun harus mampu menjawab dan menyelesaikan permasalahan pembangunan serta isu strategis yang ada di daerah melalui penetapan prioritas pembangunan daerah, dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan yang ada,” kata Terkelin Brahmana.

Adapun tema pembangunan pada tahun 2022 yaitu “Pemulihan Ekonomi Masyarakat Dampak Pandemi Covid-19”. Maka prioritas pembangunan adalah sebagai berikut :

1. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dan reformasi birokrasi;

2. Peningkatan ketersediaan dan kualitas infrastruktur serta ketahanan bencana; serta

3. Peningkatan ekonomi masyarakat.

“Untuk itu, perencanaan pembangunan daerah yang disusun harus mampu menjawab dan menyelesaikan permasalahan pembangunan serta isu strategis yang ada di daerah melalui penetapan prioritas pembangunan daerah, dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan yang ada, " lanjutnya.

Bupati Karo menambahkan agar pembangunan pada tahun 2022 kedepannya lebih menitik beratkan ke sektor pariwisata.

“Hal ini saya sampaikan mengingat potensi sektor ini sangat besar, serta mencermati perkembangan tren pertumbuhan sektor pariwisata secara regional, nasional dan internasional yang cukup menjanjikan kedepannya, serta sektor ini merupakan sektor yang memiliki keterkaitan ganda yang juga besar terhadap sektor lainnya,” sebutnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Karo menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan turut berjuang dalam melaksanakan tugas-tugasnya selama ini pada masa jabatan berlangsung, karena ini juga merupakan hari terakhir dirinya untuk memimpin acara Musrenbang ini.

“Kita akan mendukung Ibu Cory Sebayang dan Bapak Theophilus Ginting selaku Bupati dan Wakil Bupati Karo yang baru,” tutup Terkelin Brahmana mengakhiri sambutannya. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Gubernur Sumatera Utara yang diwakilkan oleh staf ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik, Pemerintahan Dr.Ir.Binsar Situmorang.M.Si, Kepala BPS Sumut Dr. Syech Suhaimi, SE, M.Si, Wakil Ketua DPRD Kab. Karo Sadarta Bukit, SE,  M.Si, Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hardianto, S.Sos, perwakilan dari Bappeda Provinsi Sumatera Utara, perwakilan Polres Tanah Karo serta para Kadis Pemkab.Karo. (SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini