Kampus Merdeka Belajar USU Persiapkan Jadi Kampus Digital

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Universitas Sumatera Utara (USU) mempersiapkan diri untuk menjadi kampus digital sesuai konsep kampus merdeka belajar yang dicanangkan Mendikbud Nadiem Anwar Makarim.

Demikian Rektor USU Dr Muryanto Amin SSos MSi didampingi Wakil Rektor I Prof Rosmayati, WR II Prof Dr dr Fidel Ganis,Wakil Rektor IV Ir Luhut Sihombing MP dalam acara coffee morning Rektor USU dan Jurnalis Media Mitra di USU, Kemarin.

Ke depannya, USU akan bertransformasi menjadi kampus digital termasuk dalam pembuatan branding yang positif. Hal ini tentunya melibatkan para jurnalis yang melakukan peliputan.

"Termasuk dalam pengambilan berita baik dalam semuanya dalam jaringan," ungkapnya.

Dalam kesempatan, Rektor juga menyampaikan saat ini USU memproses Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diajukan mahasiswa yang terdampak Covid-19.

"Ada sekitar 900 mahasiswa yang telah mengajukan pengurangan UKT, dan kita sudah setujui" ungkap Dr Muryanto Amin.

Rektor USU ini mengatakan USU telah membuat skema apakah UKT yang diajukan mahasiswa tersebut segera diproses apakah dilakukan kekurangan, cicil atau penundaan.

"Tiga skema ini akan kita lanjutkan di tahun 2021," jelasnya.

Dr Muriyanto Amin menambahkan, selain 900 mahasiswa, ada penambahan mahasiswa yang mengajukan untuk pengurangan UKT. "Kalau dirupiahkan akan ada pengurangan porsi pendapatan dari uang kuliah untuk USU sebanyak Rp120 juta," jelasnya.

Rektor menyebutkan dalam penyeleksian atau verifikasi mahasiswa yang memperoleh keringanan UKT tersebut, USU tidak memproses secara fisik.

"Misalnya, kita tidak melihat bagaimana kondisi ekonominya, karena ada juga mahasiswa melampirkan surat PHK orang tuanya. Tapi mereka lah kalau memang melampirkan data kondisi ekonominya, kita tidak memverifikasi secara fisik," kata Dr Muryanto.( Ir/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini