-->

Pemkab Karo Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2021

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bersinergi untuk melakukan pencegahan, mitigasi, dan meningkatkan kesiapsiagaan Pemerintah Kabupaten Karo melaksanakan Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana tahun 2021 di halaman kantor Bupati Karo, jalan Jamin Ginting, Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara,.Jumat (05/03/2021) sekira pukul 10.00 WIB. Apel Kesiapsiagaan ini dihadiri Personil BPBD dan Satpol PP Pemkab.Karo, Kodim 0205/TK, Polres Tanah Karo, Daops Manggala Agni Wilayah Sumatera I/ Sibolangit, Tagana, DPD Walantara Kabupaten Karo.

Dalam kegiatan apel gelar pasukan tersebut dihadiri, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono SIK, Perwakilan Kejari Karo Benny, SH, Dan Subdenpom I/2-1 Kapten Cpm Dwi Darsono, Plt Kalak BPDB Natanail Peranginangin dan sejumlah Pimpinan OPD dan Camat.

Apel dipimpin Inspektur upacara (Irup) Dandim 0205/TK Letkol Kav. Yuli Eko Hadyanto, selajutnya Komandan Upacara (Damup) oleh Kasat Sabhara Polres Tanah Karo AKP Enda Iwan Iskandar Tarigan

Dalam arahannya Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto menyebutkan bahwa kegiatan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana ini sebagai tindak lanjut instruksi Presiden RI Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021, secara virtual. Bersama-sama bersinergi untuk melakukan pencegahan, mitigasi, dan meningkatkan kesiapsiagaan, yang selama ini sudah cukup baik perlu lagi kita tingkatkan agar lebih baik lagi. Untuk itu Pemkab Karo bersama dengan segala kekuatan unsur yang ada, melakukan apel kesiapsiagan penanggulangan bencana. Dilakukan untuk mengetahui pasti kesiapan seluruh personel yang terlibat dalam penanganan bencana, baik kondisi kesiapan personil dan segala perlengkapan yang masih bisa dipergunakan.

“Karena ancaman bencana alam tidak bisa diprediksi kapan datangnya, semoga personel beserta kelengkapan yang ada masih tangguh serta layak untuk digunakan,” ujarnya. 

Dengan Apel Kesiapsiagaan ini diharapkan dapat terjalinnya sinergitas yang kuat TNI – Polri, Pemerintah, Instansi terkait, swasta dan masyarakat. Saling bahu membahu dalam hal penaggulangan bencana sertaa mengantisipasi dan mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang saat ini menjadi atensi nasional.

“Saat ini Tanah Karo sedang mengalami pancaroba dan memasuki musim kemarau, tentunya dengan keadaan ini, masyarakat dihimbau waspada. Jangan sembarangan membakar lahan di ladangnya yang bisa menyebabkan tercemarnya udara dan  timbulnya api yang bisa mengakibatkan kebakaran dikawasan hutan dan lahan,” tegas Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto.

Pada kesempatan Apel ini, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH MH didampingi Dandim 0205/TK Letkol Kav. Yuli Eko Hadyanto, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono SIK dan Plt Kalak BPBD Natanael Perangin angin, mengecek barisan kesiapan seluruh personil dan peralatan penanggulangan dan penanganan bencana.

Menutup kegiatan Apel kesiapsagaan Personil Daops Manggala Agni Wilayah Sumatera I/ Sibolangit memperagakan teknik cepat dan tepat pemadaman api khususnya dalam penanggulangan bencana karhutla. (SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini