Bupati Karo & Deli Serdang Kecewa Pembukaan Jalan Tembus Tidak Ditampung Dalam Musrenbang RKPD Provsu Tahun 2022.

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM.  Program pembukaan ruas jalan tembus Desa Serdang Kecamatan Barus Jahe Kabupaten Karo menuju Desa Rumah Liang, Kecamatan STM Hilir Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara diprediksi kandas di birokrasi Provsu. 

Pasalnya, rencana kesepakatan program kerja antara Pemkab Karo dan Pemkab Deli Serdang tidak ada disebut saat progres dan paparan dalam Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) Provinsi Sumatera Utara tahun 2022. 

Hal ini, menjadi pertanyaan Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan dalam perbincangannya dengan Bupati karo Terkelin Brahmana, SH, MH, seusai menghadiri pembukaan Musrenbang RKPD Provsu tahun 2022, Kamis (8/4/2021) pukul 12.00 wib di Hotel Santika Medan. 

Kok bisa ya, program kita yang telah kita sepakati dengan MoU dan telah mendapat dukungan dari pihak Provsu, tidak ada dipaparkan serta progressnya di Musrenbang," tanya Bupati Deli Serdang kepada Bupati Karo.

Sambungnya, "padahal semua pihak Stakeholder dan pemangku kepentingan lainnya bahkan DRPD-SU, sejak dari awal menyatakan dukungannya, tapi nyatanya di Musrenbang saja tidak di entri".

"Mari kita  terus  berjuang, untuk Pembangunan bagi masyarakat luas, terlebih dalam membuka  akses yang strategis dan membuka simpul-simpul ekonomi baru serta memperluas ruang gerak perekonomian antar dua daerah bahkan untuk daerah tetangga lainnya," pesan Ashari Tambunan.

Senada Bupati karo Terkelin Brahmana, SH, MH, menyahuti terkait tidak ditampungnya pembukaan lanjutan ruas jalan desa Barus jahe - Desa Rumah Liang, yang dipertanyakan oleh Bupati Deli Serdang. Dirinya menjawab diplomatis, "saya juga heran, nanti kita cari solusi  bersama DPRDSU dan Dinas Kehutanan Provsu."

Menurut Terkelin, wajar Bupati Deli Serdang komplain, sebab program kerja pembukaan ruas jalan alternatif tidak tertampung dalam Musrenbang. Untuk itu bersama pihak pemangku kepentingan lainnya akan mempertanyakan ke Menteri LHK.

"Mudah-mudahan diakhir sisa masa jabatan saya, semua lancar, semua beres, semua terealisasi," katanya disela perbincangan serta mengajak Wakil Ketua DPRDSU Rahmansyah Sibarani dan Kadis Kehutanan Provsu Herianto, supaya mengagendakan ke KHLK. 

Kepala Bapeda Kab.Karo Ir Nasib Sianturi, Msi, menjelaskan bahwa Program kerja pembukaan ruas jalan sejajar, selain Medan - Berastagi, di Desa Barus Jahe Kab.Karo yang tembus ke Desa Rumah Liang Kab.Deli Serdang, sudah diajukan ke Bapeda Provsu, namun hal ini unik, kenapa tidak tercatat dalam Musrembang.

Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani yang turut mendukung kebijakan program kerja kesepakatan Pemkab Karo dan Pemkab deliserdang menyatakan bahwa walaupun tidak ada disebut di Musrenbang tahun 2022, pihaknya siap mendampingi, jika sepakat menemui Menteri LHK.

Dikesempatan yang sama  Kadis kehutanan Provsu Herianto, juga sempat mengaku kaget saat di Musrenbang tidak ada mendengar pembukaan ruas jalan lanjutan,  yang telah disepakati oleh dua Kepala Daerah, yaitu Bupati Karo dan Deli Serdang. 

"Kita siap bekerjasama dengan Pemkab Karo, Pemkab Deli Serdang dan DPRDSU ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mencari solusinya," ungkapnya.(SKR/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini