-->

Dewan Apresiasi Sosperda Antonius Tumanggor, Undang Damkar Sosialisasikan Pencegahan Kebakaran

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Saat Rapat pembahasan LKPj (Laporan Keuangan dan Pertanggungjawaban Walikota TA 2020), di ruang banggar lantai 2 gedung DPRD Kota Medan, Dewan mengapresiasi pelaksanaan Sosialisasi Perda yang dilakukan oleh anggota DPRD kota Medan, Antonius Devolis Tumanggor, S.Sos yang mengundang Dinas Pencegahan dan Padam Kebakaran (P2K) sebagai nara sumber.

Salah seorang anggota Pansus LKPJ, Drs.Wong Chun Sen Tarigan.M.Pd.B, Selasa (13/4/2021) saat rapat yang dihadiri ketua pansus Roby Barus dari PDI Perjuangan, Dame Duma Sari dari Fraksi Gerindra, Deddy Akshari dari Fraksi Gerindra, Renville Napitupulu dari PSI, Daniel Pinem dari Fraksi PDI Perjuangan dan anggota pansus lainnya, dan mengundang Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan, mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan Sosperda anggota DPRD Kota Medan, Antonius D Tumanggor yang membawa Dinas Pemadam Kebakaran untuk mensosialisasikan tentang penanganan jika terjadi kebakaran.

"Kalau lah boleh difasilitasi, kami anggota DPRD Kota Medan ada 50 orang dari dapil 1 sampai 5. Perlulah masing-masing masyarakat kami juga diberikan pengetahuan lewat sosialisasi cara pengendalian dan penanganan jika terjadi kebakaran," ujar Wong kepada Kepala Damkar Medan, Alboin Sidauruk.

Wong mengaku, selama ini nasyarakat kebingungan ketika terjadi kebakaran, dimulai dari percikan api kecil yang akhirnya membesar ketika masyarakat sekitar tidak mampu mengendalikan atau memadamkan api tersebut. 

Meski masalah jarak tempuh kel okasi tempat kebakaran masih menjadi masalah, namun anggota DPRD kota Medan yang duduk di Komisi II ini yakin jika masyarakat mendapatkan pelajaran tentang cara memandamkan api, akan dapat mengurangi kebakaran api menjadi lebih besar lagi.

Mendengarnya, kepala Pemadam Kebakaran Kota Medan, Alboin Sidauruk mengaku saat ini sudah mengusulkan penambahan UPT Damkar di Kota Medan, sehingga dapat cepat ke lokasi kebakaran.

"Selain itu, Damkar kota Medan juga sudah ada aplikasi untuk mengetahui lokasi terjadi kebakaran dengan cepat, dan memastikan mobil pemadam kebakaran tiba dilokasi kebakaran dengan tepat dan cepat.

Untuk sosialisasi nengenai cara penanganan dan pemadaman api saat terjadi kebakaran, Alboin mengaku sedang membentuk relawan-relawan yang terlatih untuk memberikan pelatihan dan pendampingan sosialisasi penanganan pemadam kebakaran. (Moe/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini