Sekdakab Deli Serdang, Imbau Masyarakat Dukung Program PK 2021

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Sekertaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Deli Serdang Darwin Zein menyebutkan, partisipasi aktif masyarakat dalam menyukseskan program nasional pendataan keluarga (PK) tahun 2021 yang sedang berlangsung begitu penting, sebab berguna untuk mengetahui data sebenarnya tentang kependudukan.

“Partisipasi tersebut akan menghasilkan data akurat yang dapat dijadikan sebagai dasar kebijakan pembangunan di Indonesia termasuk, Kabupaten Deli Serdang,” kata Darwin Zein saat menerima kedatangan kader pendata di rumah dinasnya, di Lubuk Pakam, Senin (5/4/2021).

Menurut dia,hasil pendataan keluarga itu akan menguatkan Indonesia tentang data akurat untuk mengetahui kondisi masyarakat Indonesia sebenarnya.Sehingga bisa disesuaikan dengan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Ini kan pendataan keluarga dalam rangka mengetahui data sebenarnya tentang kependudukan secara online. 

Datanya lebih akurat dan menguatkan Indonesia yang butuh satu data,” papar Darwin Zein yang ketika itu didampingi Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Deli Serdang,Hj Miska Gewasari.

Dikatakannya, merujuk kepada pentingnya hasil data yang akan menjadi dasar kebijakan pembangunan,termasuk bagi Pemkab Deli Serdang, yang berlangsung mulai 1 April sampai 31 Mei 2021 mendatang.Karenanya,partisipasi aktif masyarakat sangat diperlukan.

“Kepada semua masyarakat diharapkan aktif dan berpatisipasi dalam pendataan ini, demi sukses dan datanya lebih akurat,” harap Darwin.

Plt Kadis P2KBP3A Deli Serdang, Hj Miska Gewasari menambahkan,vprogram ini bertujuan menyiapkan data dan informasi keluarga untuk dapat digunakan pemerintah sebagai dasar pengambilan kebijakan penyelenggaraan perkembangan kependudukan,pembangunan keluarga, keluarga berencana dan pembangunan lainnya.

Kata Miska, seyogyanya pendataan keluarga ini dilaksanakan tahun 2020 sesuai peraturan pemerintah yang mengamanahkan untuk melalukan pendataan 5 tahun sekali. Namun karena situasi pandemi covid-19, pelaksanaannya ditindaklanjuti tahun 2021.

Untuk pendataan keluarga di Deli Serdang, sebanyak 3.805 kader pendata diterjunkan untuk menyasar 514.914 keluarga dengan pola domisili poin dan wawancara langsung ke rumah masyarakat menggunakan aplikasi smartphone.

Sebelumnya pendataan keluarga,tambah Miska, juga sudah dilakukan kepada keluarga Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, Wakil Bupati  Muhammad Ali Yusuf Siregar, Ketua DPRD Deliserdang Zakky Shahri dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajeck Shah.(SYA/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini