-->

IPA Denai Kapasitas 240 Liter/Detik Diresmikan, Gubernur: Penuhi Kebutuhan Air Bersih

Editor: mediaselektif.com author photo

 

MEDIASELEKTIF – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Denai. IPA berkapasitas 240 liter/detik ini diharapkan mampu menambah pasokan air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Medan, khususnya di Kecamatan Medan Denai, Medan Tembung, dan sekitarnya.

IPA Denai merupakan hasil kerja sama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi dengan PT Tirta Nusantara Sukses. Ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui PDAM Tirtanadi untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

“Air adalah kebutuhan utama masyarakat, maka harus kita penuhi,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi, usai meresmikan IPA Denai di Jalan Panglima Denai, Medan, Kamis (27/5/2021).

Gubernur menyampaikan, saat ini PDAM Tirtanadi mampu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kota Medan sebanyak 7.000 liter/detik dari total kebutuhan masyarakat 11.000 liter/detik. Artinya masih diperlukan 4.000 liter/detik untuk memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat Kota Medan.

“Di tahun depan kita akan berusaha sudah ada yang beroperasi (IPA) kurang lebih kapasitas 300 liter/detik, selanjutnya ada (IPA) yang beroperasi dengan kapasitas 1.100 liter/detik,” ujar Gubernur.

Untuk itu, Gubernur juga mengajak setiap komponen agar bergandengan tangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut. “Kita butuh air sekian banyak, jika bergandengan tangan, kita pasti bisa, air ini adalah primadona untuk rakyat Sumut,” ujar Edy Rahmayadi.

Direktur Utama PDAM Tirtanadi Kabir Bedi mengatakan, pembangunan IPA Denai bekerja sama dengan pihak swasta yaitu PT Tirta Nusantara Sukses. Pembangunannya dimulai sejak 2018 dan selesai Maret 2021.

Sebelum adanya instalasi tersebut, menurut Kabir, sejak tahun 1990-an masyarakat di wilayah Kecamatan Medan Denai, Medan Tembung, dan sekitarnya mendapat pelayanan air yang sangat kecil. “Tapi Alhamdulillah, pelayanan jauh lebih baik berkat adanya IPA Denai ini,” ungkapnya.

Kabir juga menyampaikan ada beberapa kendala dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kota Medan. Namun pihaknya terus bekerja semaksimal mungkin untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Direktur PT Tirta Nusantara Sukses Sukarman menyampaikan akan terus mendukung program Pemprov Sumut, khususnya dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Untuk itu, Sukarman juga berharap dapat terus menjalin kerja sama dengan PDAM Tirtanadi. “Apalagi, PDAM Tirtanadi adalah salah satu PDAM terbesar dan terbaik di Indonesia,” ujarnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sumut Arief Sudarto Trinugroho dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Irman Oemar.(Cok/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini