-->

Lantik Para Dekan & Wakil Dekan, Rektor USU Fokus Sukseskan Renstra Internasionalisasi Kampus

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) menekankan pentingnya kerja sama dan kontribusi semua pihak yang ada di USU untuk mensukseskan Rencana Strategis (Renstra) USU 2021-2026. Salah satu fokus utama dalam Renstra yakni internasionalisasi kampus. 

Demikian Rektor USU Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si dalam sambutannya pada acara "Pelantikan Dekan dan Wakil Dekan di Lingkungan USU" di Gedung Pancasila USU, Senin (17/5/2021). 

Rektor USU memaparkan empat pesan penting di hadapan para dekan yang baru saja dilantik di antaranya terkait internasionalisasi kampus menjadi fokus utama.

Ia menyebutkan tugas dalam internasionalisasi kampus bukanlah pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan kerja keras dan kerja cerdas untuk mewujudkannya. Untuk itu ia menekankan sebagai pejabat publik, dekan harus mampu menyusun daftar prioritas kerja. 

“Kita perlu menentukan priority program. Tentu Bapak dan Ibu harus mampu mengidentifikasi peluang, hambatan, tantangan, serta kesempatan. List itulah yang bisa menentukan prioritas mana yang dikerjakan lebih dahulu dalam sebuah perencanaan,” papar Rektor USU. 

Identifikasi tersebut haruslah diawali dengan program studi yang berada di bawah naungan fakultas. 

Rektor USU menekankan agar dekan terpilih dapat mengenali dan mengidentifikasi seluruh program studi yang berada di wilayahnya. Program studi sebagai langkah awal dan langkah penting dalam mewujudkan internasionalisasi kampus menurut rektor.

“Basis kita bukan di fakultas maupun universitas. Basis kita itu adalah program studi. Tidak ada fakultas yang baik jika program studinya tidak baik, begitu juga universitasnya. Perlu disadari bahwa program studi itu adalah ujung tombak, karena program studi bersentuhan langsung dengan mahasiswa dan tugas fungsi dosen,” paparnya. 

Ia juga berkeyakinan, para pejabat tersebut mampu dan cakap untuk menghadapi tantangan dan rintangan yang ada dengan kemampuan pengelolaan baik dan terencana. Sehingga ia yakin dalam lima tahun ke depan, USU dapat dikenal secara internasional. 

Selanjutnya ia berpesan agar dalam melaksanakan pekerjaan yang tidak mudah ini, pejabat yang dilantik agar dapat memberikan keterampilan dan trik tersendiri untuk mengatasi permasalahan yang ada. 

“Champion university yang kita hadapi saat ini membutuhkan trik tersendiri, agar bagaimana dapat mengejar ketertinggalan dalam pemeringkatan baik secara nasional dan internasional. Saya yakin bapak dan ibu yang dilantik hari ini merupakan orang terbaik untuk dapat mewujudkan pengelolaan yang baik sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas,” sebutnya. 

Dalam acara tersebut, dilantik 15 Dekan pada lingkungan USU untuk masa bakti 2021-2026. Dekan yang dilantik tersebut adalah Prof Dr dr Aldy Safruddin Rambe Sp S(K) menjabat Dekan Fakultas Kedokteran, Dr Mahmul Siregar SH MHum menjabat Dekan Fakultas Hukum, Dr Ir Tavi Supriana MS menjabat Dekan Fakultas Pertanian, Dr Ir Fahmi ST MSc IPM menjabat Dekan Fakultas Teknik, Dr Fadli SE MSi menjabat Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr Trelia Boel drg M Kes Sp RKG(K), menjabat Dekan Fakultas Kedokteran Gigi, Dr Dra T Thyrhaya Zein MA menjabat Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dr Nursahara PasaribuM Sc menjabat Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Drs Hendra Harahap MSi PhD menjabat Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Prof Dr Dra Ida Yustina MSi menjabat Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Zulkarnain PhDPsikolog menjabat Dekan Fakultas Psikologi, Khairunnisa SSi MPharm PhD Apt menjabat Dekan Fakultas Farmasi, Dr Dudut Tanjung SKp MKep Sp KMB menjabat Dekan Fakultas Keperawatan Dr Maya Silvi Lydia BSc MSc menjabat Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi serta Dr Rudi Hartono SHut MSi menjabat Dekan Fakultas Kehutananan. 

Turut hadir dalam pelantikan yang dilaksanakan secara daring dan luring tersebut jajaran Majelis Wali Amanat USU, Dewan Guru Besar USU, Senat Akademik USU, Para Wakil Rektor, Para Dekan Fakultas lama, serta tamu undangan. (Ir/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini