-->

DPRD Samosir: Pembukaan Jalan Wujud Program 100 Hari Kerja Bupati

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Pantas Marroha Sinaga mengatakan bahwa pembukaan jalan baru dari dua yakni Bonan Dolok dan Hasinggahan adalah sebagai wujud program kerja 100 hari Bupati setelah dilantik.

Pembukaan Jalan Bonan Dolok – Binangara yang dikerjakan melalui Karya Bhakti TNI secara sistem swakelola antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir, Kodim 0210/TU, masyarakat Bonan Dolok dan Hasinggahan, sebut Wakil Ketua DPRD Samosir, Pantas Marroha Sinaga.

Acara pembukaan digelar di Desa Bonan Dolok, Kecamatan Sianjur Mulamula, hadir Bupati Vandiko T Gultom, Danrem 023/KS diwakili Dandim 0210/TU Letkol. Roni Agus Widodo, S.Sos, M.Han, Wakil Ketua DPRD Pantas Marroha Sinaga, Sekdakab Drs. Jabiat Sagala, M.Hum, mewakili Kapolres Samosir serta Kajari, Pimpinan OPD, Personel TNI Kodim 0210/TU, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kepala Desa dan masyarakat Desa Bonan Dolok dan Hasinggahan, Selasa (8/6/2021).

Bupati Samosir dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari Program 100 Hari Kerja Bupati Samosir 2021 untuk membuka akses-akses jalan antar desa sebagai bagian dari peningkatan Infrastruktur jaringan jalan.

Sambungnya lagi, pembukaan jalan Bonan Dolok – Binangara Kecamatan Sianjur Mula-mula berada pada ruas jalan Simpang Tulas – Binangara dengan panjang 24,5 KM yang merupakan salah satu jalan strategis kabupaten dan jalan pesisir lingkar luar Danau Toba yang menghubungkan 7 Kabupaten kawasan Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Kondisi ruas jalan Simpang Tulas – Binangara saat ini adalah sepanjang 3 KM yang sudah dilakukan perkerasan Hotmix dan Rabat, sepanjang 16,5 KM yang sudah ada badan jalan namun belum layak untuk dilalui dan sepanjang 5 KM yang belum memiliki badan jalan.

Dijelaskan Bupati, bahwa Pembukaan Jalan Bonan Dolok – Binagara Kec. Sianjur Mulamula (Karya Bhakti TNI) dilaksanakan dengan sasaran Pembukaan Jalan panjang 800 M dengan lebar 8 M, Pembangunan Dyik sepanjang 475 M, Pembangunan Saluran Pasangan panjang 40 M, Penggantian Papan Lantai Jembatan sepanjang 9,30 M.

“Pembukaan ruas jalan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Bonan Dolok dan Hasinggahan dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat dan akan terbukanya objek-objek wisata baru dalam mendukung Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas”, tegas Bupati

Danrem 023/KS Sibolga Kol. Inf. Febrian B. Sikumbang diwakili Dandim 0210/TU Letkol. Roni Agus Widodo, S.Sos, M.Han menyampaikan Program Karya Bhakti TNI ini merupakan program yang melibatkan lintas sektoral TNI, Polri, Pemerintah Daerah (Pemda), Masyarakat, dilaksanakan sebagai upaya membantu percepatan akselerasi pembangunan di daerah prioritas.

 Karya Bhakti TNI ini akan berlangsung selama 30 hari dengan mengangkat Tema “Karya Bhakti TNI Pengabdian untuk Negeri”.

Berharap dapat mempercepat pembangunan di daerah melalui pembukaan jalan, peningkatan perekonomian masyarakat serta akan mendorong tumbuhnya kreasi dan inovasi masyarakat sekitar dan menumbuhkan kembali budaya gotong royong, dan mempererat hubungan TNI dan Masyarakat.

“Selain kegiatan fisik, melalui Karya Bhakti TNI ini juga akan dilakukan pembangunan Non Fisik seperti kegiatan Penyuluhan Kesehatan, Perekonomian, Sadar Hukum, Keluarga Berencana, Wawasan Kebangsaan, dan Keamanan kepada masyarakat,” tuturnya.(HTS/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini