Bupati Samosir Monitoring Sirtunisasi Jalan Lingkar Luar Danau Toba

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – Bupati Samosir Vandiko T Gultom didampingi Pelaksana tugas (Plt) Kadis PU Sarimpol Manihuruk, melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan Sirtunisasi jalan lingkar luar Danau Toba.

Lalu langsung meninjau Sirtunisasi (pengerasan badan jalan dengan batu dan pasir) di ruas jalan lingkar luar (outer ring road) Danau Toba dengan jalan penghubung Desa Hariarapohan – siparmahan Harian, Jumat (30/7/2021).

Bupati Samosir bersama Tim yakni Plt Kepala Dinas PUPR Sarimpol Simanihurul dan Kadis Kominfo Rohani Bakkara langsung bertemu Camat Harian Roberthon Manik didampingi Tiga Kepala Desa (Kades) yakni Dolok Raja Robert Sihotang, Hariarapohan Viator Sihotang serta Sampur Toba, mengatakan peninjuan dilakukan untuk mengetahui secara langsung mengenai kondisi jalan yang rusak dan progres pemeliharaan yang sedang dilakukan. 

Setelah melihat langsung di lapangan, memang kondisi jalan mengalami kerusakan perlu ditangani secepatnya. Atas kerusakan jalan tersebut pihaknya pun melakukan program Sirtunisasi menutup jalanan yang rusak supaya dapat dilalui alat transportasi untuk berjalan lancar, nyaman dan aman.

Tujuan utama sirtunisasi ini adalah untuk perawatan jalan yang layak dilalui guna percepatan akses transportasi terjangkau, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah ini agar pertumbuhannya tidak terhambat oleh kurang memadainya prasarana akses jalan, jelas Bupati Vandiko didampingi Plt Kadis PU Sarimpol.

Karena keterbatasan anggaran Pemerintah, Bupati Samosir mewujudkan jalan-jalan di Samosir layak dilalui, dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki, maka program Sirtunisasi menjadi langkah awal untuk pencapaian visi-misi itu,ungkap  Plt Kadis PU .

Sementara Kades Hariarapohan, Viator Sihotang mengatakan, kerusakan jalan dirasakan sejak beberapa tahun lalu yang ditandai cor beton mengelupas sehingga berlobang. Kondisi tersebut sangat mengggangu kelancaran berlalu lintas dan mengundang terjadi  rawan kecelakaan . Oleh karena itu berharap Pemkab segera melakukan perbaikan.

Hal yang sama juga disampaikan Kades Dolok Raja, Robert Sihotang pun menyampaikan surat permohonan Pembangunan Poskodes dan mengisi fasilitas lainnya didesanya demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.  (HTS/MSC).

Share:
Komentar

Berita Terkini