Pejabat Dilantik Harus Pahami Target Kinerja

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Para pejabat yang dilantik harus memahami target kinerja dalam bidangnya, semua harus direncanakan dan dilaksanakan dengan matang.

Demikian Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin SSos MSi saat melantik Pejabat Struktural Eselon III dan IV di lingkungan USU di pelataran Gedung Biro Pusat Administrasi USU, Rabu (29/9/2021) 

Dikatakannya, para pejabat harus tahu apa yang menjadi target kinerja di bidang itu. "Dibaca betul dokumennya, kemudian terjemahkan hal yang teknis, apa yang harus dikerjakan. Pimpinan tidak akan bisa mendapat hasil jika, anda sekalian tidak mengerti apa yang menjadi target,” tambah rektor.

Lebih lanjut dikatakannya, pelantikan ini sebagai bentuk rotasi dan mutasi guna penyegaran pegawai yang harus memiliki suasana kerja baru dan berbeda. Rektor meyakini seluruh pegawai memiliki komitmen untuk melaksanakan tugas dan jabatannya secara lebih baik.

“Kadang tuntutan kerja itu membutuhkan ritme dan penyesuaian yang cepat, sehingga setiap pekerjaan punya konsekuensi untuk bisa menentukan apakah kita maju, berjalan di tempat atau justru mundur,” paparnya.

Rektor menegaskan pekerjaan yang dilakukan para pejabat struktural eselon III dan IV berada di level middle manajemen. Level ini yang menentukan keinginan atasan dengan kemampuan bawahan, agar kemudian dapat membuat langkah-langkah taktis dan detil dalam program yang dilaksanakan.

“Inilah pentingnya middle level manajemen, yang menentukan berhasil atau tidaknya sebuah program. Para pejabat ini harus dapat mengkombinasikan apa keinginan pemimpin dan mengetahui kemampuan bawahan yang akan mengerjakan,” ucapnya.

Rektor juga memberikan trik kepada para pejabat agar dapat maju sebagai ASN yang profesional, salah satunya yaitu selalu bergandengan tangan dengan orang lain. “Berjalanlah berdampingan dengan teman sendiri agar dapat saling berpendapat dan berdiskusi untuk menjalankan apa yang kita kerjakan,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, rektor juga mengucapkan selamat kepada para pejabat yang dilantik. 

“Tanpa kontribusi bapak dan ibu sekalian, universitas ini tidak akan bisa maju. Berilah sumbangan pemikiran dan tenaga kita untuk tempat kita bekerja, institusi harapan kita ini. Selamat bekerja, selamat berkarya, untuk kemajuan USU,” jelasnya. (Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini