Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin Lepas Prajurit Yonif 126/KC Satgas Pamtas RI - PNG

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Panglima Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Hassanudin memimpin upacara pengantaran prajurit TNI Yonif 126/Kala Cakti (KC) dalam satuan tugas pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) sektor Utara Republik Indonesia - Papua Nugini (RI - PNG).

Pelepasan Prajurit TNI Yonif 126/KC dilaksanakan dilapangan Markas Komando Yonif 126/KC Kabupaten Batu Bara, Kamis (28/10/2021). 

"Para prajurit satgas Yonif 126/KC telah melewati tahapan latihan dan peninjauan dari komando atas, selanjutnya dinyatakan siap untuk melaksanakan tugas pengamanan di wilayah perbatasan RI - Papua Nugini, "kata Mayjen TNI Hassanudin.

Pangdam I/BB juga menekankan kepada setiap prajurit untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI, karena tugas mulia ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Yonif 126/KC.

Mayjen TNI Hassanudin juga menyampaikan bahwa wilayah perbatasan merupakan daerah rawan, perkembangan terakhir situasi keamanan diwilayah papua khususnya daerah perbatasan masih sering terjadi aksi dari kelompok bersenjata yang ingin memisahkan diri dari NKRI.

"Mereka tidak segan-segan untuk menyerang anggota TNI dan Polri, sudah cukup banyak korban akibat kelalaian dan menganggap remeh situasi yang terjadi disana, sehingga mengakibatkan jatuhnya korban. Untuk itu, diperlukan kewaspadaan, "jelasnya.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin juga meminta setiap prajurit Yonif 126/KC untuk memadukan operasi teritorial dan operasi intelijen serta operasi tempur secara profesional maupun proporsional sesuai prosedur yang berlaku.

"Hormati adat istiadat masyarakat setempat serta rebut simpati dan hati rakyat sehingga terjalin kemanunggalan TNI-Rakyat dan kehadiran kalian dapat diterima masyarakat perbatasan dengan penuh rasa kekeluargaan, tanpa melupakan kewaspadaan serta tidak mudah terpancing oleh segala bentuk provokasi, "tegasnya.

Pelepasan Prajurit Yonif 126/KC satgas Pamtas RI-PNG juga dihadiri Danrem 022/PT Kolonel Inf Parlindungam Hutagalung, para PJU Kodam I/BB, Dansat BS Kodam I/BB, Danyonif 126/KC, Kapolres Asahan, Kapolres Tanjung Balai dan Kapolres Batu Bara. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini