Rektor USU Beri Penghargaan Prodi & Fakultas Berprestasi Dalam IKU 

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Universitas Sumatera Utara (USU) memberikan reward program studi dan fakultas yang menjadi kontributor terbanyak dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU).

Penghargaan tersebut diserahkan Rektor USU Dr Muryanto Amin S.Sos MSi dalam apel pagi rutin di pelataran Gedung Biro Pusat Administrasi USU, Senin (27/12/2021).

Rektor USU Dr Muryanto Amin SSos MSi mengatakan, reward itu merupakan komitmen USU mengapresiasi seluruh kerja keras dan dedikasi yang diberikan. 

“Kita akan memulai kebiasaan untuk bekerja sesuai dengan target capaian dengan pemberian penghargaan bagi mereka yang meraih prestasi, dan peringatan bagi mereka yang masih jauh dari target prestasi,” ucapnya.

Ia berharap, penghargan yang diberikan pada para kontributor IKU terbaik dapat memberikan motivasi bagi fakultas dan prodi yang lainnya.

“Pelihara target itu untuk tetap berada pada pusaran kinerja yang terbaik. Bagi yang belum, kami berharap upaya kerja kerasnya untuk dapat menemukan solusi dari permasalan yang ada,” papar Dr Muryanto.

Rektor mengajak seluruh sivitas akademika untuk memahami IKU yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bertujuan mengembalikan tugas sebagai dosen dan fungsi kemahasiswaan.

“IKU bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan penyesuaian kualitas lulusan PT dengan standar dan tuntutan dunia industri, sebagai penyerap tenaga kerja dan memberikan kontribusi untuk orientasi pada hitech level yang saat ini kompetisi nya sudah sangat maju,” jelasnya.

Menurutnya, IKU merupakan pedoman yang mendasari seluruh gerak langkah untuk mencapai produk. Dari indikator itu, dapat disusun rencana kerja dan anggaran untuk memperkuat produktivitas.

“Tahun depan kita berharap program kerja yang menyasar IKU bisa menunjukkan pertumbuhan yang signifikan,” paparnya.

Ia menambahkan, tahun depan USU membutuhkan pemikiran baru yang fresh untuk mengakomodasi seluruh perubahan di ruang kelas dan perubahan penggunaan teknologi. Menurutnya, perguruan tinggi sebagai institusi yang memproduksi SDM dituntut untuk menyesuaikan proses pembelajaran agar adaptif dengan dunia kerja dan industri

“Kita bisa menerjemahkan tugas rumit ini untuk mendukung lulusan USU memenuhi IKU,” ungkapnya.

Berikut peraih Reward Kontributor Terbanyak dalam Pencapaian IKU 2020. 

Kategori Program Studi dengan Kontribusi Terbanyak untuk prestasi mahasiswa yakni prodi S1 Teknik Kimia, Pendidikan Dokter dan Hukum.

Kategori fakultas dengan kontribusi terbanyak dosen berkegiatan di luar kampus Fakultas Kedokteran.

Kategori fakultas dengan kontribusi terbanyak untuk dosen yang berkualifikasi S3 dan memiliki sertifikat kompetensi merupakan Fakultas Kehutanan.

Kategori program studi dengan kontribusi terbanyak hasil kerja dosen/luaran yang digunakan masyarakat atau mendapatkan rekognisi internasional yakni prodi S1Teknik Industri, Teknologi Informasi, Teknik Kimia.

Kategori program studi yang memiliki kerja sama dengan mitra kelas dunia yakni Prodi S1 Pendidikan Dokter, Teknik Industri, Prodi D3 Kesekretariatan.

Kategori program studi yang memiliki akreditasi internasional yakni Prodi S1 Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Industri, Pendidikan Dokter. (Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini