Tindakan "Arogan" Wakil Ketua DPRD Labusel H Zainal Mencederai Demokrasi

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM -- Pengamat Politik dari Universitas Sumatera Utara (USU), Faisal Andri Mahrawa meminta DPD PDI Perjuangan Sumut serius menangani persoalan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Labusel, H Zainal Harahap yang bertindak arogan dan menantang berkelahi para pengunjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Labusel, Senin (29/11/2021) lalu. 

Menurutnya, tindakan itu jelas mencederai demokrasi serta merendahkan martabat DPRD Labusel dan PDI Perjuangan. Faisal Mahrawa juga menegaskan pencitraan yang sudah dibangun PDI Perjuangan sebagai partai yang selalu memperjuangkan kepentingan rakyat, tercoreng dengan tindakan tersebut. 

"Saya melihat beliau ini tidak sadar bahwa PDI Perjuangan itu selalu berpihak pada rakyat kecil dan memperjuangankannya serius. Pak Zainal ini malah meruntuhkan hal itu menurut saya. Sebagai Wakil Ketua DPRD Labusel dan Ketua DPC PDI Perjuangan Labusel, tindakan itu sangat saya sesalkan karena mencederai demokrasi," tegas Faisal kepada wartawan, Kamis (2/12/2021).

Sebelumnya viral di berbagai platform media sosial video Wakil Ketua DPRD Labusel H Zainal Harahap yang marah-marah dan menantang duel para pengunjukrasa. Padahal, aksi pengunjuk rasa berjalan damai dan menyampaikan orasi dengan santun. Dalam tuntutannya para pengunjukrasa mendesak DPRD Labusel menelusuri dugaan penyelewengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kolam Rekreasi Simatahari. Selain itu juga Aliansi Masyarakat Labusel menyoroti soal kinerja DPRD dalam membangun harmonisasi kerja dengan Bupati Labusel, H Edimin. 

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM DPD PDI Perjuangan Sumut, Alamsyah Hamdani ketika dimintai pendapatnya, juga menyesalkan tindakan Ketua DPC PDI Perjuangan Labusel, H Zainal Harahap yang bertindak arogan dan menantang berkelahi para pengunjukrasa di Gedung DPRD Kabupaten Labusel, Senin (29/11/2021) lalu. 

"Kita sesalkan tindakan yang bersangkutan karena itu jelas bertentangan dengan norma demokrasi. Apalagi dia juga menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Labusel yang seharusnya bisa sejalan dengan sikap dan garis partai," kata Alamsyah Hamdani ketika dihubungi wartawan. 

Menurut informasi, DPD PDI Perjuangan Sumut akan segera memanggil H Zainal Harahap untuk meminta penjelasan atas aksi tersebut. Sumber di DPD PDI Perjuangan juga menyebutkan, tidak tertutup kemungkinan, hasil pemeriksaan kepada Ketua DPC PDI Perjuangan Labusel itu berujung pada pemecatan padanya. Hal ini karena sebelumnya, H Zainal Harahap juga pernah membuat kegaduhan dengan melakukan tindakan serupa yaitu mengajak berkelahi sesama anggota DPRD Labusel ketika pembahasan dana CSR perusahaan di Labusel pada bulan Juli 2021 lalu.(AUA/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini