BI & USU Gelar Diseminasi Hasil RGBI-Banlit dan JCLI

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Universitas Sumatera Utara (USU) bersama Bank Indonesia (BI) mengadakan Diseminasi Hasil Riset, Sosialisasi Program Research Grant Bank Indonesia (RGBI)-Program Bantuan Penelitian (Banlit) dan Promosi Journal of Central Banking Law and Institution (JCLI) Bank Indonesia, di Fakultas Ekonomi dan Binis USU, Selasa (22/3/2022). 

Direktur Eksekutif Bank Indonesia Institute Yoga Affandi PhD mengatakan kebijakan yang dibuat harus berlandaskan riset yang kuat, karena itu policy maker harus dekat dengan akademisi, salah satunya USU. 

“Sumber-sumber akademisi salah satunya di USU ini. Setelah ini diharapkan juga hubungan antara Bank Indonesia dengan USU dan universitas lainnya di Sumatera Utara akan semakin rekat,” ucapnya. 

Untuk itu, katanya Bank Indonesia akan memfasilitasi riset yang akan dilakukan USU untuk meningkatkan ketajaman pengambilan kebijakan. 

Sekretaris USU Prof Dr dr M Fidel Ganis Siregar MKed (OG) SpOG(K) mengatakan riset yang dilakukan  para akademisi dan mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan inovasi-inovasi yang bermanfaat dan menjadi solusi penting atas berbagai persoalan-persoalan ekonomi dan bidang-bidang lainnya yang dihadapi masyarakat. Hasil dari riset itu nantinya akan diterbitkan di JCLI Bank Indonesia. 

“USU sebagai salah satu insititusi pendidikan turut berkontribusi pada program riset dari Bank Indonesia dalam rangka JCLI ternyata jurnal ini kuartal 2 scopus, setiap penelitian muaranya publish,” katanya. 

Produk-produk ilmiah dari USU harus diselaraskan dengan kebutuhan masyarakat untuk mempermudah kehidupan serta meningkatkan sektor ekonomi yang menjadi sendi penggerak pembangunan. 

“Perguruan tinggi di era industri 4.0 bukan lagi sebagai menara gading yang memberi jarak terhadap masyarakat, melainkan sebagai problem solver yang menyajikan jawaban-jawaban riil atas permasalahan yang dihadapi bangsa dan negara,” lanjutnya. 

Menurut Prof Fidel, sosialisasi yang digelar ini akan menambah wawasan dari para praktisi, membuka jejaring baru yang memungkinkan terwujudnya kerja sama baru antar perguruan tinggi, khususnya dalam bidang pengembangan inovasi, peningkatan riset serta publikasi jurnal. 

Pada Diseminasi Hasil Riset, sosialisasi RGBI-Banlit dan Promosi JCLI Bank Indonesia itu dirangkai dengan saling bertukar  cinderamata.(BR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini