Bangga Mayoritas Lulus PTN di Jawa, Plt Kadisdiksu Motivasi Siswa SMANSA

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Para siswa harus bermimpi menjadi pemimpin jangan jadi pekerja. 

Karenanya, siswa SMAN-1 Medan yang memiliki prestasi akademik juga harus diikuti dengan memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional dan kecerdasan sosiologis.

"Jadi mereka tidak hanya pintar tetapi juga bisa hidup bersama dengan masyarakat sekitarnya," papar Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumut Lasro Marbun didampingi Kepala SMAN 1 Medan Sabar MSi saat memberikan motivasi dan apresiasi kepada 55 siswa SMAN-1 Medan yang lulus di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 di aula SMAN 1 Medan, Senin (4/4/2022)

Dikatakannya, kebahagiaan masuk perguruan tinggi tidak hanya masuk tetapi juga bangga keluar. Artinya kalau masuk dengan prestasi keluarpun harus berprestasi juga.

Lebih lanjut dikatakannya, para siswa juga harus memiliki target atau goals apa ke depannya. Karenanya mereka harus menguraikan cita-citanya.

"Siswa ke depannya juga harus memiliki jati diri dan belajar memiliki motivasi serta target sendiri juga mengaplikasikan kecerdasan spiritual dan sosial sehingga nantinya bisa berkembang," paparnya sembari menyampaikan para siswa juga harus mengenali diri apa yang bisa diperbuat ke depannya.

"Jadi, para siswa ini harus memiliki market dan branding atau icon sendiri sehingga mereka tidak harus mengejar jadi pegawai negeri," tegasnya sembari menyampaikan lulusan SMAN 1 Medan harus memiliki karakter dan brand sendiri beda dengan lulusan sekolah lain sehingga memiliki market serta brand sendiri sehingga memang pantas masuk SNMPTN.

Plt Kadis juga mengapresiasi para guru, orangtua dan manajemen sekolah sehingga siswa serta orang-orang  yang mensupport mendukung mereka.

Ia juga berharap siswa lainnya juga bisa mengikuti langkah para siswa itu dengan masuk ke PTN melalui jalur SBMPTN, Mandiri dan lainnya.

Sedangkan Kepala SMAN 1 Medan Sabar MSi didampingi Wakasek Bidang Humas Sudirman Sormin MPd mengharapkan ke depannya lebih banyak lagi siswa yang diterima di jalur SNMPTN, SBMPTN, mandiri dan lainnya.

"Terimakasih kepada kadis yang telah hadir memotivasi siswa," paparnya.

Sedangkan perwakilan siswa mantan Ketua OSIS Rizqy Wahyu Fitrah juga mengucapkan terima kasih pada kadis yang telah memberikan motivasi dan dorongan kepada mereka untuk melanjutkan ke PTN.

Sebelumnya, Wakasek SMAN 1 Medan Sudirman Sormin MPd menyampaikan berdasarkan pengumuman hasil SNMPTN 2022 yang disampaikan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berkisar 55 siswa eligible lulus SNMPTN di mana 65 persen di PTN di pulau Jawa. 

"Untuk kategori kampus di Pulau Jawa, paling banyak siswa kami lulus di Universitas Gajah Mada (UGM) sebanyak 10 siswa. Jumlah ini merupakan paling besar selama lima tahun belakangan ini," ungkapnya sembari menyampaikan memang tahun tahun sebelumnya ada juga yang masuk tetapi tidak sebanyak tahun ini.

Disusul ITB yakni tujuh siswa, kemudian IPB enam siswa, Universitas Indonesia (UI) lima siswa,  Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dua siswa. Lalu Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya masing-masing satu siswa.

Selebihnya, para siswa lulus di universitas di pulau Sumatera yang dimonopoli USU dengan 21 siswa dan Universitas Andalas serta Institut Teknologi Sumatera  masing-masing satu siswa.

Di USU yang merupakan universitas terkemuka tidak hanya di Sumatera tetapi juga tingkat nasional, ungkapnya, sebagian sebanyak lima siswa lulus di Fakultas Kedokteran, dua di Fakultas Kedokteran Gigi. Selebihnya tersebar di sejumlah fakultas.(Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini