Bupati Karo Buka Pentas Budaya Dokan.

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM -  Bupati Karo Cory S Sebayang membuka pagelaran Pentas Budaya Dokan yang dilaksanakan di Desa Dokan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Jumat (08/04/2022). Pentas Budaya Dokan ini merupakan pertunjukan budaya yang mengangkat kearifan masyarakat Dokan kedalam berbagai cabang seni pertunjukan berbasis tradisi. 

Sebelum acara, kedatangan Bupati Karo Cory S Sebayang disambut dengan “Tari Pengalo-Ngalo” oleh Sanggar Seni “Mbuah Page” dan kelompok ibu-ibu “Nutu Lesung” dan “Menganyam”. Selanjutnya makan malam bersama di Rumah Adat Budaya Dokan, di dampingi Dr. Badikenita Putri Sitepu SE, M.Si. Munarta Ginting, SP, Camat Merek, Bartholomeus Barus, IP, Kepala Desa Dokan, Martinus Sembiring dan tamu undangan beserta tokoh adat dan masyarakat. 

Kegiatan ini didukung oleh Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Karo, Pemerintah Desa Dokan, Juma Bakal Dokan, Dr. Badikenita Putri Sitepu SE M.Si, PT. Horti Jaya Lestari (HJL) dan Dokan Coffee.

Dalam sambutannya Bupati Karo Cory S Sebayang menyampaikan rasa terimakasih dan mengapresiasi kegiatan “Pentas Budaya Dokan”. Pertunjukan pentas seni budaya yang luar biasa dan jarang ditampilkan di era saat ini. 

“Desa Dokan ini adalah Desa Budaya yang patut kita banggakan. Budaya Dokan ini akan tetap kita perjuangkan dan pertahankan karena ini merupakan warisan yang patut kita jaga," sebut Cory S Sebayang 

Cory S Sebayang berharap Budaya Dokan ini harus dikembangkan, tidak hanya dikenal di dalam daerah saja namun bisa diperkenalkan ke mancanegara. Kata sambutan diakhiri dengan pemukulan gendang oleh Bupati Karo Cory S Sebayang.

Pentas Budaya Dokan dilaksanakan selama dua hari (8 - 9 April 2022) dengan menampilkan beberapa kegiatan perlombaan dan pertunjukan seni seperti Ngerintak Kayu, Landek Sidekah, Teater Anak Durhaka, Tari Tradisional dan Tari Kreasi serta special performance. (SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini