Rektor Sampaikan Tiga Pesan Kepada 1.150 Wisudawan 

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr. Muryanto Amin SSos MSi kembali melantik 1.150 wisudawan dalam wisuda periode III Tahun Ajaran 2021/2022. 

Angkatan tersebut menggenapkan jumlah lulusan USU sampai saat ini sebanyak 236.424 orang. Prosesi ini diadakan secara hybrid di Auditorium USU, Senin-Selasa 6-7 Juni 2022. 

Dalam sambutannya, Rektor USU mengatakan bahwa wisuda kali ini mengambil tema “Memperkuat Kontribusi Transformasi Alumni USU sebagai Problem Solver”.

“Tema wisuda hari ini, menegaskan bahwa kita harus tetap memanfaatkan momentum pascapandemi untuk bertransformasi. Siapapun dari kita, secara khusus, untuk alumni Universitas Sumatera Utara, harus memanfaatkan momentum ini bertransformasi dan berkontribusi memajukan Indonesia,” tuturnya.

Rektor menyampaikan beberapa pesan kepada para wisudawan. Pertama, wisudawan harus bangga menjadi alumni USU karena USU berada di peringkat 1201+ dunia dengan QS Stars 3 Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (QS-WUR), peringkat 501-550 dari 687 institusi pendidikan di kawasan Asia yang dinilai (QS AUR), urutan 16 Perguruan Tinggi di Indonesia dalam versi AD Scientific Index 2022 Version 1, peringkat 17 universitas terbaik di Indonesia versi Times Higher Education (THE) World University Ranking (WUR) 2022.

“Kedua, Wisudawan harus menjadi alumni Universitas Sumatera Utara yang memiliki integritas. Karena Saat ini dunia industri dan dunia kerja mengalami pergeseran yang sangat signifikan maka dari itu wisudawan diharapkan memiliki motivasi kuat, agar menang dalam hypercompetitive labour market dan wisudawan harus menunjukkan kemampuan dan passion yang wisudawan miliki dan asah selama ini dengan serius di USU,” lanjut rektor.

Ketiga, wisudawan harus memperkuat dan memperluas networking karena ilmu yang wisudawan miliki sekarang harus terus-menerus ditambah, diperbaharui dan dimodifikasi dengan ilmu-ilmu lain agar menghasilkan ide-ide yang sesuai dengan perubahan yang dibutuhkan dalam global market era dengan cara berkolaborasi dan berjejaring akan membantu wisudawan dalam menjawab seluruh tantangan di pekerjaan dan profesi.

“Pesan penting yang saya sampaikan itu, semoga akan membawa saudara-saudara meniti jenjang karir dan prestasi yang diimpikan. Kami di kampus ini, akan selalu tetap memfasilitasi, membantu dan mendoakan Saudara untuk memberikan kontribusi kesejahteraan bagi Saudara dan masyarakat Indonesia,” harapnya.

Wisudawan juga diharapkan dapat membantu tugas universitas dengan selalu memberikan informasi tentang aktivitas wisudawan di dunia kerja setelah wisuda hari ini, dengan memanfaatkan platform Tracer Study di link tracerstudy.usu.ac.id yang telah disediakan universitas.  

“Tetaplah selalu membuka link tracerstudy.usu.ac.id karena sangat membantu Universitas Sumatera Utara dalam mendata perkembangan alumni, yang menjadi salah satu indikator penilaian reputasi universitas dalam WCU,” kata Dr Muryanto.

Prosesi wisuda pada kali ini agak berbeda dari sebelumnya. Para wisudawan hadir di hari pertama untuk sesi berfoto ria, kemudian para wisudawan hadir kembali di hari kedua untuk melangsungkan proses wisuda secara resmi.(Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini