Bupati Asahan Meninjau Vaksinasi Untuk Hewan Ternak

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan melaksanakan vaksinasi PMK secara massal tahap I yang dilaksanakan selama 2 hari terhitung sejak tanggal 18-19 Juli 2022.

Vaksinasi PMK dilakukan di 5 Desa yang berada di Kecamatan Air Batu yakni Desa Air Teluk Kiri, Desa Air Genting, Desa Hessa Air Genting, Desa Danau Sijabut dan Desa Hessa Perlompongan.

Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Yusnani mengatakan jumlah ternak yang divaksin aftopor sebanyak 400 ekor sesuai dengan jumlah vaksin yang diterima sebanyak 400 dosis dari Kementerian Pertanian melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara yang diterima pada hari Kamis tanggal 14 Juli 2022 di Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan. 

"Petugas yang akan melaksanakan kegiatan adalah medik dan paramedik veteriner Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sebanyak 27 orang yang terdiri dari 5 orang medik veteriner dan 22 orang paramedik veteriner yang dibagi dalam dua tim, "katanya.

Ditempat yang sama, Bupati Asahan Surya, mengatakan kriteria ternak sapi yang layak divaksin adalah sapi sehat pada daerah yang masih rendah tingkat infeksinya dan setelah dilakukan screening maka Kecamatan Air Batu memenuhi syarat untuk pelaksanaan vaksinasi tahap I sesuai dosis yang tersedia. 

 Masih kata dia, untuk vaksinasi tahap selanjutnya. Pemkab Asahan masih menunggu distribusi vaksin dari Kementerian Pertanian melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara.

"Bagi masyarakat peternak yang belum mendapat jatah vaksin pada tahap I ini harap bersabar dan kami akan terus berusaha untuk mendapatkan kuota sesuai kebutuhan daerah kita, "katanya.(SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini