PTPN III (Persero) Kerjasama Dengan KINRA Laksanakan Sosoalisasi Pembuatan Pagar Kepabeanan KEK Sei Mangkei

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bertempat di kantor PT KINRA, dilaksanakan Sosialisasi Pembangunan Pagar Kepabeanan di KEK Sei Mangkei. Hal ini merupakan bentuk komunikasi publik yang dilaksanakan oleh PTPN III dan PT KINRA sebagai bentuk implementasi dari rencana penetapan Kawasan Pabean di KEK Sei Mangkei Senin (4/7/2022) .

Hadir dalam acara sosialisasi tersebut perwakilan dari desa-desa sekitar KEK Sei Mangkei yang diwakilkan oleh Pangulu dan tokoh masyarakat, Camat sekitar KEK Sei Mangkei, Danramil sekitar KEK Sei Mangkei, serta Dinas terkait dari Kabupaten Simalungun.

Manajer Unit Pembangunan Infrastruktur Sei Mangkei PTPN III, David Tobing, memaparkan kepada seluruh peserta sosialisasi bahwa Pembangunan Pagar Kepabeanan di KEK Sei mangkei ini dilaksanakan untuk wilayah yang berada di Zona Industri dan Zona Logistik.

Lebih kurang 12.000 meter panjang pagar yang akan di bangun di wilayah Zona Industri dan Zona Logistik ini. 

Pembangunan Pagar Kepabeanan ini bertujuan untuk memenuhi persayaratan Kawasan Pabean sesuai PMK nomor 33/MK.01/2021 dan Peraturan Dirjen Bea Cukai nomor PER-2/BC/2021. 

Kawasan Pabean merupakan fasilitas yang diberikan kepada KEK untuk memperoleh insentif fiskal berupa tax holiday/tax allowance.

PTPN III selaku BUPP (Badan Usaha Pembangun dan Pengelola) KEK Sei Mangkei berharap dengan Pembangunan Pagar Kepabeanan di KEK Sei Mangkei ini dapat menarik investor asing maupun dalam negeri untuk berinvestasi di KEK Sei Mangkei. 

Semakin banyak investor yang berinvestasi di Sei Mangkei diharapkan dapat memberi dampak positif bagi perekonomian daerah. 

Salah satunya dapat membuka lapangan kerja serta peluang usaha bagi masyarakat, terkhusus di wilayah sekitar KEK Sei Mangkei. Sehingga dapat berpengaruh positif pada tatanan perekonomian warga Kabupaten Simalungun dari pengembangan KEK Sei Mangkei Seluruh peserta sosialisasi secara garis besar menyambut baik rencana pembangunan pagar, mengingat hal tersebut akan berpengaruh terhadap perkembangan KEK Sei Mangkei. 

Beberapa hal didiskusikan oleh peserta sosialisasi terkait Pembangunan Pagar Kepabeanan KEK Sei Mangkei antara lain gambaran wilayah yang konkret terkait rencana pembangunan pagar serta dampak sosial bagi warga sekitar KEK Sei Mangkei.

Pada sosialisasi kali ini, PTPN III dan PT KINRA menampung seluruh tanggapan dari perwakilan masyarakat dan akan dibahas bersama konsultan dan pihak terkait, guna merumuskan solusi terbaik. 

Diharapkan, seluruh pihak dapat mendukung program kerja ini mengingat KEK Sei Mangkei merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang membutuhkan dukungan, khususnya masyarakat Simalungun.

Dan kita sama-sama berharap, dengan kemajuan KEK Sei Mangkei ini dapat menjadikan Kabupaten Simalungun menjadi kabupaten yang maju dan berkembang di Sumatera Utara.(Rel/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini