Gubernur Edy Dalam Pusaran Politik Sumut

Editor: mediaselektif.com author photo

 

Oleh: Irwansyah Nasution

Nyaris Hening tanpa riuh rendah jelang akhir jabatan gubsu Edy di Sumatera Utara untuk satu periode kepemimpinannya.

Lima belas tahun belakangan catatan pemerintahan Sumut penuh dengan gonjang ganjing yang mempermalukan masyarakat Sumatera Utara dengan ditahannya 2 kepala daerah dalam persoalan hukum oleh KPK , menjadi pemberitaan nasional, pemerintahan Sumut kala itu  bak selebritas menghiasi  tajuk berita seolah tanpa jedah  menimpa dua kepala daerah sebelumnya .

Memang sebahagian publik menilai  peristiwa itu bukan peristiwa hukum semata mungkin ada bumbu  politik yang dibungkus  dalam peristiwa hukum.

Dan sekarang sejak Gubernur Edy mengendalikan Sumut hampir 4 tahun ini sepertinya nyaris tak ada kasus yang mencuat kepermukaan dalam guncangan hukum disumut seperti di Papua yang lagi hangat-hangatnya ,tentu ini hanyalah analisis sementara dari penulis yang melihat ada terobosan penting dari penataan awal  dan pengelolaan pemerintahan gubernur  Edy Ramayadi on the track  belum terjawab penulis.lalu mengapa bisa kondusif ?mestinya ini patut disyukuri bukan dipertanyakan ,namun secara akademis terlalu menarik untuk dilewatkan ,sebagai  hipotesa  perlu jadi pertanyaan karena sangat menarik sebagai catatan publik.

Pertanyaannya Apa yang membuat tak ada goncangan tsunami hukum disumut sejak Edy memerintah? 

Bagaimana  pemerintahan  baru agar mencapai tujuan akhir tanpa ada peristiwa sudden Death secara tiba tiba yang menimbulkan kegoncangan birokrasi pemerintahan disumut  ?.

Secara teori pastilah publik melihat bahwa jalannya   pemerintahan  relatif bersih dari cawe-cawe korupsi.sehingga aman dari penegakan hukum.atau sisi lain yang  patut kita apresiasi apakah resep olahan  gubernur Edy dalam membuat visi cukup ampuh hingga saat ini  tameng  keramat "Sumut bermartabat".

Sejak awal Sumut bermartabat yang dicanangkan  Edy sebagai penangkal bahkan menjadi "ajimat " bagi aparatur sipil dalam menjalankan  pemerintahan Sumut   mengelola anggaran  menjunjung kehormatan dan martabat masyarakat  Sumut disamping  cleans governent dan  kesadaran hukum.

Sampai disini penulis akan coba mengupas lebih dalam lagi dalam tulisan  berikutnya "Edy Rahmayadi Dalam Pusaran Politik Sumut "   dan keajaiban.

Penulis adalah pengamat  sosial dan politik Ketua Pokdar Kamtibmas.Bhayangkara Batubara

Share:
Komentar

Berita Terkini