Bupati Asahan Membuka Pemberdayaan Masyarakat Germas Tahun 2022

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara bersama dengan Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Untuk Pemberdayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Berbagai Tatanan di Tingkat Kabupaten Asahan sekaligus memperingati HKN ke-58 di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Jum'at (25/11/2022).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Fungsional Penyuluh Kesehatan Ahli Madya Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, OPD, Kepala BANK Sumut Cabang Kisaran, FKUP, Organisasi Profesi (Kesehatan) dan tamu undangan lainnya.

Dikesempatan itu, Fungsional Penyuluh Kesehatam Ahli Madya Sumut Mega Karyati M. Kes, berharap agar Pemerintah Kabupaten Asahan segera membentuk forum koordinasi Germas yang melibatkan OPD dan membentuk Satgas Germas di kecamatan, desa/kelurahan sehingga apa yang menjadi program Germas dapat tercapai.

Mega Karyati juga mengatakan, untuk memperdayakan Germas ini, kita harus saling bekerjasama dengan tupoksi yang dimiliki, karena Germas ini merupakan tanggung jawab kita bersama.

"Lima pilar yang harus kita laksanakan, yakni aktifitas fisik lebih kurang 30 menit setiap hari, cek kesehatan secara berkala 6 bulan sekali, peningkatan gizi seimbang, edukasi dan prilaku hidup sehat dan peningkatan kesehatan lingkungan, "ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Asahan Surya, mengatakan, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2017 tentang Germas, bahwa semua pimpinan daerah, pimpinan institusi pemerintah dan masyarakat, perguruan tinggi dan dunia usaha agar melaksanakan kegiatan Germas.

"Ada 5 fokus kegiatan utama yang dilakukan dalam rangka Germas, yaitu peningkatan aktifitas fisik, edukasi dan perilaku hidup sehat, peningkatan pangan maupun gizi seimbang, peningkatan pencegahan serta deteksi dini penyakit untuk peningkatan kualitas lingkungan, "katanya.

Selanjutnya, Bupati Asahan Surya, juga mengatakan, selain Germas. Kita juga melaksanakan Hari Kesehatan Nasional ke-58 dengan thema "Bangkit Indonesia, Sehat Negeriku" sebagai kebangkitan semua masyarakat khususnya menuju Asahan sehat 2023.

Didampingi Kadis Kesehatan dr Nanang Fitria Aulia. Bupati Asahan memberikan Piagam Kesehatan kepada mitra Kesehatan secara simbolis kepada Yayasan Mentari Meraki Asa, Kepala BANK Sumut Cabang Kisaran, Ketua FKUB Kabupaten Asahan, Ketua IDI Kabupaten Asahan dan Kepala Bapeda Kabupaten Asahan. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini