Ketua BM3 Sergai Hadiri Pembukaan Sapakan di Ranah Minang

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Ketua Badan Musyawarah Masyarakat Minang (BM3) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Yunasril SH, M.Kn didampingi pengurus, menghadiri Pembukaan Sapakan di Ranah Minang di Kota Medan bertempat di Aula T. Rizal Nurdin Komplek Rumah Dinas Gubsu di Medan, Rabu (9/11/2022).

Dengan disambut dengan Silek Gelembong dan Tari Pasambahan, Gubsu H Edy Rahmayadi, Gubernur Sumbar H. Mahyeldi, Forkopimda Provsu, Dansat Brimob, Ketua BM3 Sumut, Sahrudin Ali, Ketua Al Washliyah Sumut, Dedi Iskandar Batubara, Pengurus BM3 se-Sumut, Ninik Mamak Keluarga Minangkabau, serta undangan lainnya tiba dilokasi acara.

Gubsu H. Edy Rahmayadi dalam sambutannya memberikan Apresiasi dan kebanggaan kepada keluarga besar Suku Minang yang tergabung dalam BM3 Sumut yang menggelar kegiatan Sapakan di Ranah Minang di Kota Medan .

"Sekitar 21 persen kehidupan perekonomian di Sumut ini bergantung pada masyarakat Minang, termasuk juga di Pemerintahan. Maka tak perlu berfikir panjang saya sangat mendukung terlaksananya kegiatan ini dengan memfasilitasi kegiatan ini. Selain itu populasi masyarakat Minang di Sumut juga terus meningkat pesat," terang Gubsu.

Maka untuk itu, lanjut Edy Rahmayadi, ada yang harus dikerjasamakan antara Sumut dan Sumbar, antara lain program produksi dan kebutuhan pangan strategis. Saya berterima kasih atas banyak hal yang telah dilakukan oleh masyarakat Minang yang ada di Sumut .

Gubernur Sumbar H. Mahyeldi mengapresiasi sejarah pertama untuk masyarakat Minang yang memulai acara di Rumah Dinas Gubsu. 

"Untuk itu atas nama masyarakat Minang di Sumut, saya menyampaikan terimakasih atas dukungannya dan fasilitas yang luar biasa ini dari Pak Gubsu,".

Mahyeldi mengatakan hubungan masyarakat Sumut dan Minang telah lama terjalin dengan erat.

Ikatan ranah Minang bukan hanya hari ini saja berjalan kuat dan erat karena sudah kewajiban kita menjaga hingga seterusnya.

"Masyarakat Minang ini sebenarnya suka berkumpul, dan Minang adalah Diaspora yang eksis. Urang Minang adalah petarung, banyak yang telah berhasil dengan berbagai profesi seperti pedagang, pengusaha, notaris, advokat, aparatur pemerintahan, dokter, hingga yang lainnya. Kepada seluruh warga Minang yang ada disini, agar bagaimana kita berkontribusi besar membantu dan bersinergi memajukan Sumut hingga tahun-tahun yang akan datang.

Dengan acara ini mudah-mudahan menjadi bagian memperkuat dan memperkokoh kebersamaan silaturahmi antara ranah dan rantau, serta menarik kunjungan wisatawan ke Sumut," ujar Gubernur Sumbar.

Sementara Ketua BM3 Sergai, Yunasril SH, M.Kn menyampaikan kegiatan ini bertujuan merekatkan silaturahmi yang sempat berjarak akibat pandemi Covid-19 kemarin, serta mengumpulkan yang berserak yang artinya mengumpulkan keluarga Minang yang ada di Sumut dan menjaga kedekatan dalam wadah BM3.

"Kita patut berbangga karena pembukaan kegiatan ini langsung oleh Bapak Gubsu beserta Gubernur Sumbar sebagai bukti besarnya pengaruh warga Minang di Sumut . Berbagai acara mengisi Sapakan di Ranah Minang di Kota Medan ini antara lain festival budaya dan bazar kuliner makanan Minang. Selain itu juga berbagai perlombaan yang bernuansa Minang untuk menggali serta melestarikan budaya Minang di Nusantara," pungkas Yunasril yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Sergai .

Pembukaan Sapakan di Ranah Minang ditandai dengan pemukulan Tambua Tanda oleh Gubsu Edy Rahmayadi dan Gubernur Sumbar H. Mahyeldi, dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata dan ditutup dengan acara silaturahmi Makan Bajamba di ruang tamu rumah dinas Gubsu. (AA/ MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini