Gapoktan Desa Saor Nauli Lakukan Pembersihan Eceng Gondok di Sekitar Tepi Pantai Danau Toba

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Pada hari Jumat (10/2/2023) sekira pukul 10.00 wib, dilaksanakan kegiatan Jumat Curhat Personil Polsek Palipi dengan masyarakat Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Saor Nauli Hatoguan Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir. 

Dalam Kegiatan Tersebut Turut Hadir Anggota Polsek Palipi, AIPDA ASA MELKI HUTABARAT ( Samapta Polsek Palipi / Bhabinkamtibmas Desa Saor Nauli Hatoguan );BRIPKA M. SYAFEI ( PS. Kanit Reskrim Polsek Palipi );BRIPKA R.F SINAGA ( PS. Kanit Intelkam Polsek Palipi );BRIGADIR HERMAN SIAHAAN ( Bhabinkamtibmas ); dan Anggota Danramil Kecamatan Palipi, Pangaloan Situmorang (Kades Saor Nauli Hatoguan );Lasden Sinaga ( Ketua Gapoktan Karya Tani Desa Saor Nauli Hatoguan );Pariston Pasaribu ( Pendamping Desa ), Insan Pers; ,Masyarakat Anggota Kelompok  Tani Desa Saor Nauli Hatoguan.

Dalam Pembukaannya Anggota Polsek Palipi, Kamtibmas melakukan himbauan-himbauan ,Sesi tanya jawab, Dokumentasi.

Adapun himbauan-himbauan Kamtibmas pihak Kepolisian yang disampaikan kepada masyarakat adalah: 

a) Menghimbau masyarakat untuk bersama-sama dengan Kepolisian menjaga Kamtibmas dan kebersihan dilingkungan masyarakat Desa Saor Nauli Hatoguan;

b) Menghimbau masyarakat agar memelihara dan menjaga hewan ternaknya dengan cara dikandangkan dengan tidak dibiarkan lepas bebas yang mungkin akan dapat merusak tanaman milik orang lain ataupun hilang dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab; 

c) Menghimbau masyarakat yang memiliki lahan diperbatasan ataupun mendekati area hutan lindung ataupun fasilitas umum tidak membakar lahan sembarangan yang dapat mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan di area hutan dan kerusakan fasilitas umum;

d) Menghimbau masyarakat untuk bijak dalam bermedia sosial; dan

e) Mengajak masyarakat untuk mendukung terlaksananya ajang internasional balap kapal super cepat F1H20 diwilayah Danau Toba dan mendukung kabupaten Samosir menjadi tempat destinasi wisata.

Ketua Gapoktan  Desa Saor Nauli Hatoguan Dusun I, mengucapkan terimakasih atas kehadiran pihak Kepolisian ditengah masyarakat dan berharap besar untuk dukungan dari jajaran Polsek Palipi atas kegiatan masyarakat kelompok tani di Desa Saor Nauli Hatoguan yang membersihkan eceng gondok diperairan Danau Toba dengan tujuan dimanfaatkan sebagai pupuk organik ( kompos ) dan tentunya juga menciptakan wilayah perairan Danau Toba yang indah dan bersih.

Atas Sambutan Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan),Pihak Polsek Palipi diwakili oleh AIPDA ASA MELKI HUTABARAT menanggapi.

Bahwa Polres Samosir terkhususnya jajaran Polsek Palipi siap mendukung dan sedia hadir disetiap kegiatan positif masyarakat karena Polsek Palipi menilai kegiatan Kelompok Karya Tani Desa Saor Nauli Hatoguan membersihkan eceng gondok diperairan Danau Toba dan menjadikannya pupuk organik dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa dan menciptakan lingkungan yang bersih. Kemudian besar harapan jajaran Polsek Palipi semoga pemerintahan Kabupaten Samosir terkhususnya Dinas Pertanian ataupun Dinas Pariwisata dapat mendukung Kelompok Karya Tani Desa Saor Nauli Hatoguan tentunya dengan memberikan bantuan mesin pencacah eceng gondok dan juga semoga kegiatan tersebut juga dapat menjadi contoh bagi kelompok tani dan masyarakat desa lainya. 

Selanjutnya, harapan dan keinginan masyarakat untuk mendapatkan bantuan dan perhatian dari pemerintah kabupaten Samosir akan diteruskan kepada pimpinan ,imbuhnya.(HTS/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini