Pembersihan Eceng Gondok di Tepi Danau Toba & Dikelola Menjadi Pupuk Organik

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Untuk  mengembangkan Destinasi Pariwisata Kabupaten Samosir, Bupati  Vandiko. T. Gultom,  Telah membuat berbagai program-program unngulan,Salah satunya untuk penataan didaerah lokasi tepi pantai sekitar Danau Toba dan Memajukan Petani Samosir. 

Untuk membantu program tersebut, Gabungan Kelompok  Tani (Gapoktan) Desa Saor nauli  Hatoguan,beramai ramai membersihkan eceng gondok yana berada ditepi pantai danau toba desa saor nauli kec. Palipi. 

Dalam acara pembersihan tersebut turut dibantu anggota Danramil kec. Palipi, Kamtibmas Polsek palipi, Dan Kepala Desa saor nauli  Hatoguan dan tokoh masyarakat. Jumat, (10/02/2023).

 Kelompok Tani yang melaksanakan kegiatan tersebut berjumlah  7 Kelompok,yang berada dusun 1 ,diantaranya:1.Kelompak Tani Mitra, ketuanya.:Lasden Sinaga. 

2.Kelompok Tani Karya Tani, Ketuanya : Rambang Simbolon. 

3.Kelompok Tani Subur Tani, Ketuanya:Jesman Sinaga. 

4.Kelompok Tani Ulina Tani, Ketuanya :H P Martahi Sinaga. 

5.Kelompok Tani Gabedo, Ketuanya:Hotman Sinaga. 

6.Kelompok Tani Parsaoran, Ketuanya:Sumber Siringo Ringo. 

7.Kelompok Tani Mandiri l, Ketuanya:Lukman Sinaga. 

Ketua Gapoktan Desa Saor Nauli Dusun l:  Lasden Sinaga. 

Saat dikonfirmasi awak mediaselektif, salah seorang anggota Gapoktan, Rambang Simbolon mengatakan selain untuk membersihkan tepi danau toba,eceng gondok yang diambil nanti bisa dikelola dan dimanfaatkan menjadi pupuk organik yang dapat digunakan para petani menjadi pupuk. 

Hal ini juga termasuk program pemkab Samosir  melalui Dinas Terkait untuk mengembangkan hasil pertanian di kabupaten samosir,dimana eceng gondok dapat dikelola menjadi pupuk organik (Kompos) . 

Saat ditanya awak media, apakah dalam hal pengelolaan eceng gondok menjadi pupuk ada kendala atau kesulitan; Rambang Simbolon mengatakan memang tidak ada tapi tapi pekerjaannya sedikit lambat dimana eceng gondok di ditepi danau toba sangat banyak, sedangkan mesin pengelola/pencacah eceng gondok cuman 1(satu) unit. Gapoktan desa saor nauli berharap agar Pemkab samosir dapat menambah mesin pencacah eceng gondok.

Dalam wawancaranya Ketua Gapoktan ; Lasden Sinaga mengatakan Kegiatan ini dapat terselenggara atas dukungan oleh berbagai pihak dimana ada komunikasi Kelompok karya Tani  dengan ketua Gapoktan dan Kepala Desa Saor nauli Hatoguan. 

Ketua Gabungan Kelompok Tani Saor Nauli Hatoguan  Dusun l; Lasden Sinaga berharap supaya kegiatan ini bisa berlangsung kedepannya dan Hasil dari eceng gondok menjadi pupuk organik dapat digunakan para petani dan Pemkab Samosir dapat  membantu untuk mempromosikannya melalui Dinas Terkait, harapnya," (HTS/MSC).

Share:
Komentar

Berita Terkini