Wakil Bupati Asahan Tinjau Kondisi Bantaran Sungai Liga Asahan

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Sepanjang lebih kurang 3 Km aliran sungai Sei Liga Asahan yang membelah Desa Pulau Pule dengan Desa Hessa Perlompongan Kecamatan Air Batu dari jembatan Tani Jaya menuju jembatan Hessa Perlompongan akan dinormalisasi oleh Pemerintah Kabupaten Asahan.

Normalisasi ini merupakan arahan dari Bupati Asahan H. Surya, BSc, yang merupakan aspirasi masyarakat desa yang selalu mengalami kerugian akibat banjir merendam lahan pertanian.

"Normalisasi ini akan dilaksanakan setelah mendapat surat pernyataan dari masyarakat tidak meminta ganti rugi yang tanahnya terkena dampak normalisasi, "kata Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar saat mengunjungi lokasi, Kamis (23/2/2023).

Dikatakannya, bahwa pelaksanaan normalisasi nantinya akan menggunakan alat berat excavator yang berguna untuk mengeruk sungai, agar mengurangi pendangkalan dan mengembalikan fungsi sungai sebagai pengendali banjir untuk mengoptimalkan saat menghadapi debit air yang meningkat pada musim hujan.

Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar juga meminta masyarakat untuk menjaga aliran sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan, agar aliran sungai tetap stabil ketika musim hujan tiba untuk menampung debit air. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini