Bupati Asahan Bersama Forkopimda Sidak Harga Sembako di Pasar Tradisional Kisaran

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan bersama Kodim 0208/AS dan Polres Asahan menggelar sidak disejumlah pasar tradisiona diaeputaran Kota Kisaran, Selasa (11/4/2023).

"Kami sengaja melakukan sidak pasar tradisional untuk memantau pasokan dan harga pangan serta  mengetahui langsung ketersediaan barang kebutuhan pokok maupun harga di tingkat pedagang, "kata Asisten Ekbang Oktoni Erianto.

Oktoni Erianto juga mengatakan, dari hasil sidak diketahui ketersediaan sembilan bahan kebutuhan pokok mencukupi dan harga relatif stabil meskipun ada beberapa kebutuhan pokok yang naik namun tidak signifikan.

Masih kata Oktoni Erianto, harga bahan pokok yang cukup stabil diantaranya yaitu beras, telur, minyak curah, daging ayam dan daging sapi, demikian juga dengan harga sayuran relatif stabil dari harga sebelumnya.

“Informasi dari pedagang, harga beras masih stabil juga telur, daging ayam juga daging sapi. Harapan kami, harga tetap stabil hingga menjelang Idul Fitri nanti, "sebutnya.

Dikatakannya, harga bahan pokok di pasaran tergantung permintaan dari masyarakat karena sesuai hukum pasar jika permintaan banyak dan barang sedikit maka harga akan naik. 

“Kami menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan aksi borong, karena apabila permintaan banyak dan barang kosong maka harganya akan naik dan susah didapat, "jelasnya.

Disela-sela Sidak tersebut. Kadis Kopdag Kabupaten Asahan Ilham menjelaskan, untuk harga Kebutuhan Pokok dari hasil pantauan dalam minggu ini relatif stabil dan masih normal.

Sementara itu, harga beras Premium Rp. 13.500/ kg, Beras Medium Rp. 12.000/kg, Daging Ayam broiler Rp. 20.000/kg, Ayam Kampung Rp. 50.000/kg, Daging Sapi Rp. 130.000,-/kg, Kambing Rp. 130.000,-/kg, Telur Ayam Rp. 28.000,-/kg, Cabe merah besar Rp. 25.000,-/kg, Cabe Rawit Rp. 18.000,-/kg, Bawang Merah Rp.30.000,-/kg, dan Bawang Putih Rp. 32.000,-/kg.

Selain pasar tradisional. Sidak tersebut juga dilakukan di Gudang Bulog, Kilang Padi Petani dan Kilang Padi Kisaran untuk melihat ketersediaan beras hingga Idul Fitri 1444 Hijriah. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini