Gelar Apel Siaga Kelistrikan, PLN Siap Jaga Kehandalan Listrik Selama Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1444H

Editor: mediaselektif.com author photo

 

MEDIASELEKTIF.COM – PLN siap menjaga pasokan kelisrikan selama bulan Ramadhan dan menjelang arus mudik dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1444H dengan menggelar apel siaga kelistrikan di lapangan parkir PLN UID Sumatera Utara.

Apel siaga kelistrikan dipimpin langsung oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo secara online dari Kantor PLN Kantor Pusat. Turut hadir General Manager PLN UID Sumatera Utara Awalludin Hafid di damping Senior Manager Distribusi Didik Wicaksono, Senior Manager Perencanaan Tumpal Hutapea, Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan Nova Sagita dan Seluruh Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), Petugas Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dan Petugas Dinas Gangguan. 

General Manager PLN UID Sumatera Utara Awalludin Hafid mengatakan PLN optimis dalam menjaga keandalan pasokan listrik dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Saat ini kondisi kelisrikan di Sumatera Utara dalam kondisi NORMAL/AMAN. Daya mampu pembangkit sebesar 3.369 Megawatt, dengan beban puncak tertinggi sebesar 1908 Megawatt dan cadangan daya 413 Megawatt.

“PLN akan siapkan posko siaga Idul Fitri sebanyak 117 titik lokasi dan 924 titik lokasi strategis lainnya tersebar pada 10 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dan 64 Unit Layanan Pelanggan (ULP). Dengan jumlah personil sebanyak 2.994 Orang terdiri dari pegawai, tenaga alih daya dan mitra kerja. Tidak hanya itu, PLN mempersiapkan peralatan pendukung sebanyak 187 unit, kendaraan sebanyak 378 unit dan maerial cadangan gangguan tersedia dalam jumlah cukup”, ungkap Awalludin.

Ia juga menambahkan, tahun ini akan terjadi peningkatan arus mudik lebaran yang jauh lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Untuk itu, para pemudik dapat memanfaatkan posko siaga PLN untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan berikutnya.

Dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dalam merayakan Idul Fitri 1444H. Masyarakat dapat menikmati layanan PLN dalam satu genggaman melalui aplikasi PLN Mobile. Sebanyak 2.6 juta pelanggan di Sumatera Utara telah merasakan kemudahan menggunakan aplikasi _superapps_ ini. Hingga bulan Februari 2023 penggunaan PLN Mobile mencapai 504.534 transaksi dengan jumlah transaksi sebesar 72 Millyar Rupiah.

Tidak hanya memberikan kemudahaan kepada masyarakat dalam menggunakan layanan PLN. Melalui aplikasi PLN Mobile masyarakat juga dapat mengetahui lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang ada di Sumatera Utara. Para pengguna kendaraan listrik tidak perlu khawatir menggunakan kendaraannya untuk melakukan mudik lebaran. PLN telah mempersiapkan sepuluh lokasi SPKLU yang tersebar di jalur yang akan dilintasi oleh para mudik.

“Kini mengakses layanan PLN sudah semakin mudah. Hanya dalam satu genggaman masyarakat dapat menikmati layanan PLN tanpa harus datang ke kantor lagi. Tidak hanya memberikan layanan PLN saja, melalui PLN Mobile masyarakat juga bisa mengetahui berita seputar PLN dan lokasi SPKLU yang telah dipersiapkan PLN dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik di Sumatera Utara”, Ungkap Awalludin.

PLN juga menghimbau masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran agar melakukan membayar tagihan listrik sebelum jatuh tempo dan mencabut peralatan listrik yang tidak digunakan sebelum meninggalkan rumah agar terhindar dari kebakaran.


Share:
Komentar

Berita Terkini