Tambah Lagi 12 Sertifikat Halal, PLN Peduli & Rumah BUMN Sibolga Bantu UMKM Naik Kelas

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – PLN Peduli dan Rumah BUMN Sibolga berhasil mengantongi 12 sertifikat Halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) secara gratis, dimana sebelumnya di Tahun 2022 berhasil mengantongi 19 sertifikat halal yang telah ditetapkan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sertifikat jaminan Halal ini semakin memperkuat Rumah BUMN Sibolga dalam memasarkan layanan ritel terbaik dan jaminan kepada pelanggan dalam membeli segala produk yang ada di mitra binaan mereka. Hal itu sejalan dengan salah satu tujuan Rumah BUMN yaitu mengembangkan UMKM mulai dari Go Modern, Go Digital, Go Online hingga Go Global.

General Manager, Awaluddin Hafid mengatakan dengan adanya sertifikat Halal akan membuat produk tersebut memiliki daya saing tinggi. Selain itu, pentingnya menjaga kebersihan dan kualitas produk UMKM agar dapat bersaing di masyarakat. Untuk itulah PLN Peduli hadir dan mendorong Rumah BUMN Sibolga untuk membantu seluruh UMKM binaannya untuk bisa naik kelas dengan mendapatkan Sertifkat Halal.

 “Tahun 2022 lalu, rumah BUMN Sibolga sebelumnya telah berhasil melakukan sertifikasi sebanyak 19 mitra binaan, sekarang tahun 2023 rumah BUMN Sibolga kembali berhasil melakukan sertifikasi sebanyak 12 mitra binaannya. Program ini akan terus dilakukan hingga seluruh produk mitra binaan mengantongi sertifikat Halal”, ungkap Awal.

 Sri Wahyuni salah satu mitra binaan rumah BUMN Sibolga mengaku bersyukur dengan adanya program sertifikasi halal ini. Dia juga berharap dengan adanya sertifkat halal ini, dapat memasarkan produk makanannya lebih luas ke masyarakat.

“Kami para pelaku usaha UMKM merasa sangat terbantu dengan adanya sertifikat halal ini. Kami ucapkan terima kasih kepada PLN Peduli dan Rumah BUMN Sibolga telah banyak membantu kami para pelaku UMKM di wilayah Sibolga. Semoga produk yang kami hasilkan bisa bersaing dengan produk makanan lainnya dan dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian kami”, ujar Sri.

Dibawah pengelolaan PLN Peduli, rumah BUMN berperan sebagai pusat data dan informasi untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM). Tugas utama rumah BUMN mengupayakan agar produk UMKM dapat dipasarkan secara global dan memiliki daya saing sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian para pelaku usaha.

 Rumah BUMN Sibolga yang dikoordinir oleh Wahyu menjelaskan bahwa untuk memperoleh sertifikat halal tidak sulit. Cukup mengikuti setiap tahapan dengan baik, maka sertifikat halal dapat diperoleh. Proses tesebut diantaranya permohonan sertifikasi halal, memeriksa kelengkapan dokumen, menetapkan Lembaga pemeriksa halal, memeriksa dan/atau menguji kehalalan produk, menetapkan kehalalan produk melalui siding fatwa halal dan menerbitkan sertifikat halal.

PLN Peduli dan Rumah BUMN Sibolga berkomitmen akan terus memprogramkan mitra binaannya untuk naik kelas dengan mendapatkan Sertifkat Halal. Secara berkala dan bertahap kegiatan ini akan terus ditingkatkan sehingga semua mitra binaan memiliki Sertifikat Halal.(Ir/MSC)

 

Share:
Komentar

Berita Terkini