Peringatan HUT RI Ke-78 di Kabupaten Karo Berlangsung Meriah

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Pemerintah Kabupaten Karo melaksanakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023 di Stadion Samura, Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Kamis (17/8/2023), pukul 09.30 WIB. Dihadiri oleh seluruh unsur Forkopimda dan SKPD Kabupaten Karo, TNI, Polri serta ratusan siswa SMP dan SMA, Ormas dan masyarakat Kabupaten Karo.

Bupati Karo Cory S Sebayang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Seluruh peserta upacara dengan khitmat mengikuti seluruh rangkaian upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

Rangkaian kegiatan Perayaan 17 Agustus 2023 dilanjutkan dengan pawai dan drum band yang berlangsung meriah. Masyarakat memadati sepanjang jalan-jalan yang dilalui para peserta pawai dan drum band mulai start lapangan Samura hingga finish depan rumah dinas Bupati Karo Jalan Veteran Kabanjahe. Terlihat antusias masyarakat menyaksikan secara langsung para kontingen pelajar tingkat SMP, SMA sederajat dan kontingen lainnya keliling kota Kabanjahe dan memberi display serta penghormatan di panggung kehormatan.

Bupati Karo Cory S Sebayang, pimpinan Forkopimda, Pimpinan dan anggota DPRD Karo serta pimpinan SKPD secara bergantian menerima penghormatan dan diaplay para kontingen pawai dari panggung utama di depan rumah dinas Bupati Karo.

Satu persatu peserta pawai dan drum band menunjukan penampilannya. Pada saat display SMA GBKP Kabanjahe di depan panggung kehormatan nampak sejumlah unsur Forkopimda turun dan ikut menari (landek) tarian tradisional Karo. 

Nampak juga Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting diarak oleh "Sisingaan" yang di bawa oleh peserta pawai "Wargi Sunda". Hal ini menunjukkan keberagaman budaya dan kerukunan di Kabupaten Karo. 

Kamis sore setelah penerimaan pawai dan drum band, rombongan Forkopimda Kabupaten Karo bergerak menuju Lapangan Samura untuk mengikuti Upacara Penurunan Bendera Merah Putih. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Dandim 0205/TK, Letkol Inf Benny Angga Ambar Suoro. Kegiatan ini dirangkai dengan penyerahan piagam/hadiah perlombaan dan Aubade. 

Bupati Karo Cory S Sebayang menyampaikan bahwa Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 mengusung tema "Terus Melaju untuk Indonesia Maju", seharusnya menjadi introspeksi dan evaluasi perjalanan bangsa. 

"Tema perayaan kemerdekaan dinilai merefleksikan tekad dan daya juang pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan untuk mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa Indonesia," kata Cory S Sebayang. 

Selain masyarakat atau pengunjung, peringatan HUT RI di Kabupaten Karo juga diramaikan para pedagang. Banyaknya masyarakat yang menonton membawa berkah tersendiri bagi pedagang makanan, minuman, aksesoris, Monza maupun pedagang lainnya yang memanfaatkan momen ini dengan berjualan di sepanjang jalan sekitar pusat pasar tradisional dan kawasan Jalan Veteran Kabanjahe.(SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini