Wakil Bupati Asahan Hadiri Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Wakil Bupati (Wabup) Asahan, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penyelenggaraan Pengawasan Pemerintah Daerah dan Pemutakhiran Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Tahun 2023 bersama Kemendagri yang diwakili oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri, Tomsi Tohir, yang dihadiri Wakil Gubernur, Pj. Gubernur, Bupati/Wali Kota, dan perwakilan Inspektorat Kabupaten/Kota dari seluruh Indonesia.

Rakornas tersebut juga ditandai dengan Pemukulan Gondang 9 oleh Perwakilan Kemendagri, Tomsi Tohir, Perwakilan Pj. Gubernur Sumut, Arief S. Trinugroho, para Gubernur, Wakil Gubernur, dan Penjabat Gubernur dari seluruh Indonesia.

Rakornas Penyelenggaraan Pengawasan Pemerintah Daerah dan Pemutakhiran Tindaklanjut Hasil Pengawasan Tahun 2023 diselenggarakan di Medan pada tanggal 9-10 Oktober 2023, dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) sebagai tuan rumah. Selain itu, nantinya juga akan diadakan rangkaian Roadshow Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tanggal 25-29 Oktober 2023 di Kota Medan.

Rakor tersebut mengusung tema tentang arah kebijakan pengawasan tahun 2024. Sumut dipilih sebagai tuan rumah Rakornas PIP karena dianggap telah berhasil secara signifikan meningkatkan pencegahan korupsi dan layanan publik. Pada tahun 2022, Sumut berada di peringkat keempat dalam pencegahan korupsi, sementara untuk layanan publik secara nasional, Sumut berada di posisi lima besar.

"Pemkab Asahan siap bersinergi dan berkolaborasi untuk penguatan APIP serta mengikuti arahan kebijakan Presiden Joko Widodo terkait pengawasan penyelenggaran pemerintah, "kata Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar disela-sela Rakor yang diselenggarakan di Kota Medan, Senin (9/10/2023).

Dikatakannya, Pemkab Asahan terus melaksanakan perbaikan administrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik dengan mematuhi regulasi dan mendorong APIP untuk berperan aktif melakukan pembinaan kepada para OPD agar dapat menggunakan anggaran dengan tepat untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kita mendorong APIP untuk selalu aktif melakukan pembinaan kepada para OPD agar dapat menggunakan anggaran dengan tepat, "ujar Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar menambahkan.

Rakornas tersebut. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dipercayakan menjadi tuan rumah dalam rakor Pengawasan Intern Pemerintah (PIP) yang dihadiri 38 perwakilan provinsi dan 514 perwakilan Inspektorat Kabupaten/Kota se-Indonesia. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini