Penanganan Covid-19 Sumut Semakin Tunjukkan Hasil, Pasien Sembuh Bertambah 23 Orang

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Penanganan Covid -19 di Propinsi Sumut relatif semakin menunjukkan hasil namun upaya tetap harus ditingkatkan ditandai dengan pertambahan jumlah pasien yang sembuh cenderung meningkat.

Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut H Irman didampingi Kadis Kesehatan Sumut Dr Alwi Mujahit Hasibuan
mengemukakan itu kepada wartawan di Medan, Minggu (31/5/2020) sore seraya memaparkan update data aktual penanganan Covid 19 Sumut.

"Info yang menyenangkan hati, Alhamdulillah hari ini (Minggu 31/5/2020 sore - red) jumlah yang sembuh bertambah 23 orang sehingga total pasien sembuh se-Sumut sebanyak 145 orang," ujar Irman yang juga Kepala Badan Litbang Propinsi Sumut ini.

Pertambahan pasien yang sembuh itu lanjutnya terdiri dari di Medan sebanyak15 orang, Pematangsiantar 2 orang, Deliserdang 2 orang, Kabupaten Karo 1 orang, Simalungun 1 orang dan Serdangbedagei 2 orang.

Meski demikian Irman menegaskan upaya yang lebih sungguh-sungguh masih diperlukan oleh semua pihak untuk bersama-sama dengan pemerintah propinsi dan kabupaten kota dalam menanggulangi pandemi ini.

"Jadi walau angka kesembuhan bertambah, namun kita jangan lengah melainkan tetap memperkuat upaya penanggulangan lebih signifikan karena angka pertambahan positip Covid masih ada, yakni ada 3 menjadi 409," jelasnya seraya mengemukakan data PDP 140.

Irman kembali mengingatkan segenap masyarakat Sumut agar tetap mematuhi imbauan Gubsu H Edy Rahmayadi tentang komitmen melaksanakan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah maupun WHO.

"Hendaklah tetap menjaga jarak, jangan bersalaman atau kontak fisik, memakai masker, sering mencuci tangan memakai sabun, jaga kesehatan dan kebersihan diri, konsumsi vitamin dan makanan bergizi, istirahat cukup dan lainnya," ujar Irman.

Tentang jumlah pasien yang sembuh Irman memaparkan masing-masing di Kabupaten Asahan sebanyak 2 orang, Dairi 1 orang, Deliserdang 11 orang, Karo 2 orang, Labuhanbatu 1 orang.

Selanjutnya Kabupaten Sergai 2 orang, Simalungun 6 orang, Tapanuli Utara 1 orang, Toba 2 orang, Pematangsiantar 9 orang, Binjai 1 orang, Kota Medan 105 orang dan Tebingtinggi 1 orang.

(Zona Hijau)

Sementara itu, menanggapi berita di media siber bahwa Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pusat menyatakan 102 Kabupaten/Kota saat ini berada zona hijau, termasuk beberapa diantaranya di Sumut, Irman berharap mereka dapat mempertahankannya, sementara yang belum hendaklah berupaya masuk zona hijau dimaksud.

Sebagaimana diberitakan media, dari 102 kabupaten kota Zona Hijau tersebut yang berada di Propinsi Sumatera Utara: Nias Barat, Pakpak Barat, Samosir, Tapanuli Tengah, Nias, Padang Lawas Utara, Labuhan Batu Selatan, Kota Sibolga, Tapanuli Selatan, Humbang Hasundutan, Nias Utara, Mandailing Natal, Padang Lawas, Kota Gunungsitoli, dan Nias Selatan. (Cok/MSC )
Share:
Komentar

Berita Terkini