-->

Terpapar Covid-19, Enam Bakal Calon Gagal Ikuti Tes Rohani

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Enam bakal calon walikota/wakil walikota atau Bupati/Wakil Bupati di tiga daerah gagal mengikuti test kesehatan rohani (psikologi) yang dilaksanakan tim dari Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi)di Hotel Santika Dyandra, Selasa (8/9/2020).

Demikian anggota KPU Sumut Batara Manurung kepada wartawan, Selasa sore.

"Keenam calon tersebut berasal dari empat orang dari Kota Sibolga, satu orang masing-masing  dari Kota Binjai dan Padang Sidempuan," ujarnya sembari menyatakan juga ada empat daerah lagi yang ditunda pasangan calonnya mengikuti tes kesehatan rohani karena merupakan bapaslon tunggal sehingga KPU memperpanjang pendaftaran calon walikota/walikota atau bupati/wakil bupati.

Dikatakannya, empat daerah yang menyelenggarakan pilkada dan hanya diikuti pasangan tunggal terdapat di Kota Gunung Sitoli, Kota Pematang Siantar, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Dikatakannya, ada sebanyak 110 bakal calon (Balon) kepala daerah dan wakil kepala daerah yang maju di 19 Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara (Sumut) jalani pemeriksaan psikologi dan kerohanian. 

Menurutnya, pemeriksaan tes psikologi ini merupakan salah satu pemeriksaan Balon yang digunakan sebagai dasar menentukan kelayakan balon untuk maju sebagai Balon kepala daerah. Selain test psikologi juga akan dilakukan test fisik oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan bebas narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

"Nanti hasilnya akan kami plenokan bersama. Jika satu saja gagal makan otomatis pencalonan Balon gagal. Tetapi itu nanti dinyatakan setelah pleno," terangnya.

Sementara itu dua bakal pasangan calon (Bapaslon) Walikota - Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution - Salman Alfarisi dan Bobby Afif Nasution - Aulia Rahman yang akan bertarung pada Pilkada Medan 9 Desember 2020 mengikuti tes psikologi yang diselenggarakan HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) di Hotel Santika Dyandra, Medan.

Pasangan Akhyar Nasution - Salman Alfarisi tiba lebih dahulu sekitar pukul 07.30 WIB. Sementara Bobby Nasution - Aulia Rahma tiba sekitar pukul 08.10 WIB. Kedua bapaslon tersebut kompak mengenakan kemeja putih.

Lalu pasangan Bobby Nasution - Aulia Rahman yang datang belakangan langsung menghampiri Akhyar - Salman yang tiba lebih dahulu. Bahkan, Bobby terlihat membungkuk saat menyapa Akhyar Nasution.

Tidak banyak dialog yang terjadi dengan kedua bapaslon tersebut. Selanjutnya mereka langsung mengikuti tes psikologi. Tes psikologi sendiri berjalan tertutup.

Seperti diketahui Akhyar Nasution - Salman Alfarisi diusung oleh PKS dan Demokrat. Sedangkan Bobby - Aulia diusung koalisi gemuk dengan 8 partai politik. (Irn/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini