ACT Sumut Bantu Evakuasi dan Bagi Makanan Untuk Penyintas Banjir di Medan

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Team Disaster Emergency & Relief Management (DERM) Aksi Cepat Tanggap Sumatera Utara, sejak Jumat pagi tadi (4/12/2020) telah melakukan evakuasi kepada penyintas banjir bandang, di Medan. Hampir 500 orang penyintas dikawasan sekitar Jalan Palang Merah. Kelurahan Kesawan. Kecamatan Medan Barat. Sumatera Utara, tepatnya dibelakang Jalan Mesjid Medan.

Kawasan warga yang terdampak banjir bandang yang menjadi target evakuasi DERM ACT Sumut ini berada tepat dibibir pinggir sungai Deli, dibawah jembatan Palang.Merah. Lokasi ini memang merupakan dataran rendah. Warga sebagian juga pendatang dan sebagian besar merupakan rumah kost-kost an.

Hanya 10 orang warga saja yang mau dievakuasi, selebihnya banyak yang enggan keluar dari rumah, karena alasan takut basah dan tidak pandai berenang. Selain itu, rumah kost-kostan yang ada diwilayah ini didominasi oleh rumah yang bertingkat, dan terbuat dari papan, yang tentu saja beresiko terbawa arus banjir bandang.

Sebanyak 8 orang relawan DERM ACT Sumut, diterjunkan sejak dari pukul 08.00 pagi hingga siang hari. Selain mengevakuasi beberapa warga team juga melaksanakan pembagian makanan gratis sebanyak 385 paket.

Sakti Wibowo selaku koordinator team evakuasi mengatakan saat ini syukur banjir bandang yang terjadi mulai dini hari tadi sudah mulai surut sore hari. Team telah menyisir rumah warga untuk dievakuasi, namun sayang warga banyak yang menolak dievakuasi, untung saja banjir tidak bertambah. Saya menghimbau kepada team tetap siaga, karena cuaca saat ini tidak dapat di prediksi, harap Sakti. (Rel/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini