-->

Audensi KAJI ke Bea Cukai Belawan Disambut Kepala KPP BC

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Kepala Kantor pengawasan dan pelayanan (KPP) Bea Cukai (BC) Belawan Tri Utomo, diwakili Kasi Penyuluhan layanan informasi Donny Muliawan, Kepala Sub Bagian Umum Ma'aruf Amin dan fungsional pertama Despan Sinaga, pada hari Kamis (18/2/2021) siang. 

Mengawali pertemuan yang disampaikan ketua Komunitas Aliansi Jurnalis Independen (KAJI) Budiman Pardede, S. Sos KAJI, mulai berdiri sejak 26 Januari 2017,ungkapnya. 

Disampaikannya. "Salam hormat dari pembina KAJI, yaitu Ketua Komisi B DPRD Sumut Zeira Salim Ritonga, SE kepada keluarga besar KPP Bea Cukai Belawan yang seharusnya beliau turut hadir dikarenakan ada tugas luar atau reses sehingga tidak dapat hadir, " ujar Budiman. . 

Sambung Budiman, dikatakannya isu penyeludupan Narkoba, beredarnya rokok putih tanpa pita cukai dan barang berasal dari luar juga dalam negeri, tembakau paper rokok, sextoys, alat elektronik vape, baju bekas, sepatu, pakaian bekas barang elektronik lainnya mulai diperdagangkan secara bebas dengan cara melalui Online tanpa dibebani cukai lolos pajak, ujarnya. 

Karena Bea Cukai yang mengetahuinya masuk keluarnya barang luar ataupun dalam negeri Bea Cukai lah garda terdepan mengawasi barang keluar masuk, ungkap Budiman. 

Denny Muliawan dalam kata sambutannya menjelaskan dalam hal kasus penyeludupan Narkoba beredarnya rokok putih tanpa pita cukai dan barang berasal dari luar. Menurut Denny tidak ada mengetahui isu tersebut, karena saya baru bertugas di Bea Cukai Belawan sejak tanggal 19 Oktober 2020.

Barang yang berasal dari luar atau dalam negeri masuk dari melalui pintu perairan laut dan jalur udara dijelaskannya perbedaan kewenangan pada garis perbatasan luar wilayah pabean dan areal wilayah pabean pihak Bea Cukai cuma batas menangkap. 

Dijelaskannya pelaku pengedar penyeludup Narkoba. Penegakan hukum Narkoba dijalankan oleh pihak Kepolisian dan BNN, katanya. Kami sering operasi bersama Polisi BNN, Polisi Airud pihak BC ikut menangkap dan mencegah. 

Sambungnya, benar kata Budiman Bea Cukailah garis terdepan untuk mencegah, mengawasi masuk keluarnya barang. Terkait penangkapan peredaran rokok putih tanpa pita cukai pada waktu lalu tidak mengetahui kasus tersebut, bila ada laporan warga pelanggaran kepabean, penjualan rokok-rokok ilegal atau rokok putih tanpa pita cukai dipersilahkan melapor kepada petugas yang berwenang, pintanya. (BR/MSC) 



 

Share:
Komentar

Berita Terkini