Tiga Kontainer Bantuan Kemanusiaan ACT, Berlayar ke Sulawesi Barat

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Sebanyak 3 (tiga) kontainer dari warga Sumatera Bagian Utara, Kamis (11/2/2021) siang tadi mulai diangkut keatas kapal dari pelabuhan peti kemas Belawan. Sebanyak hampir 100 ton bantuan yang bersumber dari warga kota medan, labuhanbatu, banda aceh dan lhokseumawe telah satu persatu diangkut ke dek kapal yang merupakan sumbangsih dari PT Meratus Line.

Dengan difasiitasi oleh Pelindo 1, kegiatan persiapan pelayaran Kapal Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap untuk wilayah Sumatera Bagian Utara ini, sukses. Sebagaimana yang telah dijadwalkan sebelumnya bahwa tertanggal 11 Februari 2021, seluruh bantuan yang telah dikumpulkan dari berbagai daerah yang bersumber dari masyarakat dan para relawan sampai pada puncaknya.

Kegiatan pelepasan kapal kemanusiaan ini yang ditandai oleh penekanan sirine secara seremony, dilakukan oleh Kepala Cabang ACT Sumut, Yessi Oktaviana bersama Pemerintah Sumatera Utara yang diwakili oleh Kepala BPBD Sumatera Utara, Riadil Akhir Lubis dan disaksikan oleh Kepala Cabang ACT Labuhan Batu, M Dani Aswin dan Kepala Cabang ACT Banda Aceh, Lisdawaty yang juga dihadiri perwakilan PT Meratus Line, Pelindo 1 serta perwakilan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

Selain dihadiri oleh para tamu undangan, kesempatan juga diberikan kepada para relawan yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Utara. Relawan yang berhadir ada yang berasal dari Padangsidimpuan, Batubara, Langkat, dan beberapa daerah lainnya. Walau ramai yang berhadir, namun pihak Pelindo 1 tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat.

Para tamu undangan dan relawan yang hadir diwajibkan menggunakan masker dan wajib di test suhu badannya oleh petugas keamanan pelabuhan, sebagai upaya dalam penerapan Protokol Kesehatan Covid19 dan tak lupa pula diwajibkan APD dengan standar pelabuhan yang berlaku.

Kegiatan yang berlangsung sederhana dan hidmat ini berjalan dengan lancer tanpa ada kendala sedikit pun. Pada kesempatan ini pula, pihak Kajatisu juga turut berpartisipasi dalam kegiatan Kapal Kemanusiaan dengan menyumbangkan sebanyak 3 ton beras, yang merupakan beras pilihan terbaik. 

Yessi Oktaviana, dalam kata sambutannya mengucapkan terimakasih atas dukungan dari mitra baik Pelindo 1 dan PT Meratus Line, dan menyampaikan bahwa program Kapal Kemanusiaan ini bukan lah sekadar armada yang membawa bantuan logistic namun juga sebagai wujud dari kepedulian warga Sumatera atas penderitaan saudara-saudaranya yang terkena bencana.

Riadil Akhir Lubis, Kepala BPBD Sumut selaku perwakilan dari Pemerintah Provinis Sumatera Utara menyambut baik kegiatan positif seperti ini, bentuk dukungannya terbukti pada saat pelaksanaan Charity Lunch di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, kemarin Rabu (10/2/2021).  Tidak tanggung-tanggung acara makan bersama yang diisi dengan penggalangan dana ini, berhasil mengumpulkan donasi sebesar 800 juta lebih.

Riadil, juga berharap kegiatan seperti ini tidak hanya saat ini saja, tapi bisa berlanjut pada kegiatan Kapal Seri kedua bahkan hingga seri ketiga. Agar bantuan masyarakat Sumatera Utara yang sudah digalang kemarin pun dapat terealisasi dan dapat dihantarkan kepada saudara-saudara yang ada di Sulawesi Barat bahkan di Kalimantan Selatan. Karena dia yakin masih banyak orang-orang baik yang ada di Sumatera Utara ini yang ingin berbuat untuk saudara-saudara yang tertimpa bencana. Untuk itu harapnya, pihak Meratus Line dan Pelindo 1 dapat memberikan kesempatana kedua hingga 2 pekan kedepan.

Selepas seremoni pelepasan kapal yang dilakukan di ruang rapat Spreader Terminal Peti Kemas ini, pihak ACT juga memberikan bingkisan kepada PT Meratus Line dan Pelindo 1. Kemudian dilanjutkan dengan pelepasan kapal ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan ditempat terpisah. Kapal Meratus ini pun rencanaya akan berangkat lusa, dengan tujuan Sulawesi Selatan. Setelah sampai di Kota Makassar, bantuan ini akan didistribusikan ke Majene dan Mamuju sekitarnya.(Rel/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini