-->

Komnas HAM Ajak USU Berperan Selesaikan Masalah HAM

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengajak Universitas Sumatera Utara (USU) berperan lebih jauh dalam penyelesaian masalah HAM terutama di Provinsi Sumut.

Demikian Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik beserta tim saat menemui Rektor USU di Rumah Dinas Rektor USU, Kamis (18/3/2021)

Ketua Komnas HAM menyebutkan angka pengaduan masyarakat terkait permasalahan HAM di Provinsi Sumatera Utara menempati urutan kedua setelah Provinsi DKI Jakarta.

Dikatakannya, aduan masyarakat yang diterima Komnas HAM bervariasi, namun isu kekerasan polisi dan isu agraria menjadi aduan yang terbanyak.

Lebih jauh Ahmad Taufan menyebutkan konflik ini rawan disusupi kepentingan dari pihak-pihak yang berkaitan. Kepentingan politik dan hukum tentu mewarnai proses penyelesaian dari konflik tersebut. Karenanya, Komnas HAM ingin penyelesaian konflik tersebut dipandang dari segi akademis.

“Melalui kampus, Komnas HAM berharap penyelesaian konflik dapat ditempuh melalui sudut pandang akademis sehingga dapat meminimalisir kepentingan politik didalamnya. Dengan adanya pandangan akademis, tentu penyelesaian konflik semakin baik karena mengemukakan fakta secara gamblang tanpa adanya kepentingan apapun”, tambah Ketua Komnas HAM.

Rektor USU menyambut baik usulan dari Komnas HAM untuk mengajak kampus lebih terlibat dan berkontribusi dalam penyelesaian konflik agraria yang muncul. Rektor USU menyebutkan bahwa kampus dapat berperan untuk menganalisa dan memandang konflik yang muncul secara akademis sehingga penyelesaian lebih tepat sasaran.

“Basis kampus itu adalah penelitian, sehingga dalam menyelesaikan masalah kampus harus mengadakan penelitian dan memperoleh data di lapangan. Tidak bisa kampus menyimpulkan sesuatu melainkan berdasarkan data dan fakta yang diperoleh di lapangan," paparnya.

Pertemuan berlangsung akrab dan diselingi tawa dari kedua belah pihak mengingat Ahmad Taufan Damanik juga merupakan alumni FISIP USU.

Dalam pertemuan tersebut, Rektor USU didampingi Wakil Rektor V Ir Luhut Sihombing MP, Wakil Dekan III Fakultas ISIP USU, Drs Hendra Harahap MSi PhD, Staf Ahli Rektor drg Siti Salmiah Sp KGA, serta Kepala Humas, Promosi dan Protokoler USU, Amalia Meutia MPsi Psikolog. (Ir/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini