Bupati Samosir Tinjau Pembangunan Bedah Rumah

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom melakukan peninjauan pembangunan bedah rumah yang merupakan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Pemerintah Pusat. Bedah rumah berada di Desa Dolok Raja dan Desa Hariara Pohan Kecamatan Harian, Samosir.

Di acara peninjauan itu, Bupati menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar menggunakan dana bantuan untuk rumah bedah sesuai dengan peruntukannya.

Selanjutnya, Bupati juga meminta kepada masyarakat yang belum mendapat bantuan kirannya bersabar dan melaporkan kepada kepala desa, mengingat keterbatasan kuota setiap daerah.

“Selain itu, mengingatkan kepada masyarakat yang rumahnya sedang diperbaiki untuk memperhatikan instalasi listrik, khususnya bangunan yang sudah tua, karena akhir-akhir ini sering terjadi kebakaran yang disebabkan korsleting listrik”, tegas Bupati.

Untuk Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) desa, Bupati menginstruksikan agar tetap memberikan pendampingan ke masyarakat penerima bantuan Program BSPS mulai dari perencanaan, pelaksanaan pembangunan, serta pendampingan rumah layak huni agar bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan tidak menyalahi aturan. “Kita berharap dapat terlaksana dengan baik. Dan pendamping juga dapat mendesak pihak toko material agar segera menyediakan bahan material yang dibutuhkan”, pungkasnya.

Disisi lain, kami mengharapkan jika ada kendala dalam proses pengerjaan untuk berkonsultasi dan menghubungi pendamping agar prosesnya bisa berjalan baik” imbuhnya.

Di kesempatan ini, Bupati mengajak kepala desa untuk aktif dan mendata rumah masyarakat yang tidak layak huni dan perlu dilakukan perbaikan untuk kemudian diusulkan kepada Bupati agar mendapatkan bantuan selanjutnya, serta meminta Kades untuk menempelkan persyaratan bedah rumah di kantor desa, agar masyarakat dapat mengetahui persyaratan dan siapapun masyarakat yang mendaftar agar dilayani dan diverifikasi.

“Melalui program BSPS ini, kami harap masyarakat dapat meningkatkan kualitas huniannya lebih layak lagi, dan masyarakat yang belum mendapat bantuan untuk tidak berkecil hati, pemerintah akan membantu masyarakat untuk mendapat bantuan ini di tahun berikutnya sesuai dengan persyaratan dan kuota yang kita terima” sebut Bupati.

Adapun penerima bantuan untuk Desa Dolok Raja berjumlah 74 rumah, dan Desa Hariara Pohan sebanyak 30 rumah.(HTS/MSC).

Share:
Komentar

Berita Terkini