-->

KUI USU Lembaga Terdepan Sukseskan Internasionalisasi Kampus

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Kantor Urusan Internasional (KUI) disinyalir menjadi lembaga terdepan dalam mensukseskan program internasionalisasi kampus yang menjadi salah satu fokus utama Universitas Sumatera Utara (USU) dalam lima tahun mendatang.

Demikian Rektor USU, Dr Muryanto Amin SSos MSi, saat pertemuan dengan pejabat KUI USU di ruang rapat Rektor USU, kemarin.

KUI USU yang bersinggungan langsung dengan dunia luar menjadi modal penting agar program internasionalisasi kampus berjalannya baik.

Civitas akademika yang beberapa tahun belakangan sering mengikuti kegiatan internasional dan meraih prestasi harus berada di bawah koordinasi KUI USU. Hal ini memudahkan pengembangan program serta memberikan masukan untuk peningkatan keikutsertaan civitas akademika dalam kegiatan pendidikan dunia internasional.

“KUI harus punya rekap dosen yang sering berpartisipasi dalam kegiatan internasional, misalnya dapat bantuan dana dan sebagainya. Mereka nanti dapat membantu KUI untuk melakukan pengembangan. Selain itu juga mereka yang berpotensi harus kita rekap dari setiap fakultas untuk kita berikan pendampingan. Kita harus tau itu siapa saja yang berpotensi,” sebut Rektor USU.

Untuk memudahkan hal tersebut Rektor USU mendorong KUI USU untuk dapat mempersiapkan diri dalam rancangan one data USU. Adanya sistem tersebut membantu KUI USU untuk melakukan rekapitulasi serta monitoring potensi civitas akademika.

“Tahun ini one data USU harus selesai, dan kegiatan KUI juga harus terintegrasi di situ. Dalam one data itu, seluruh kegiatan kerja sama, pendidikan, dan sebagainya dari KUI bisa dicantumkan. Hal ini juga memudahkan KUI untuk melakukan sosialisasi,” papar Muryanto.

Ke depannya KUI USU akan terus dioptimalkan untuk dapat menunjang urusan internasional. Fasilitas yang dimiliki KUI USU harus dapat memudahkan civitas akademika baik dalam negeri maupun dari luar negeri untuk berkegiatan.

“Nanti KUI USU itu kita bangun di sebelah Wisma Internasional. Kita harus bangun fasilitas yang baik untuk KUI USU karena mereka menjadi wajah USU untuk dosen dan mahasiswa asing. Selain itu semua rencana kerja dan capaian KUI selama ini akan kita tinjau untuk dapat ditingkatkan,” pungkas Rektor USU didampingi Wakil Rektor III USU, Dr Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan SSi MSi Apt, mendampingi Rektor USU dalam pertemuan dengan KUI USU tersebut yang diwakili Kepala KUI USU Dr Esther Nababan MSc, beserta Dr Ing Pramio Garson Sembiring. (Ir/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini