USU Resmikan Website Format Baru & Layanan Administrasi Digital

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Guna mewujudkan layanan informasi dan administrasi yang lebih  cepat dan lebih baik, Universitas Sumatera Utara (USU) melaunching atau peresmian website USU format baru, yang disandingkan pula dengan fasilitas layanan Aplikasi Satu Atap (ASA), e-Office, agenda, tag dan logo transformation towards the ultimate dan whistle blower system. 

Peluncuran fasilitas dan aplikasi tersebut dilaksanakan Rektor USU Dr Muryanto Amin SSos MSi dari ruang Senat Akademik Gedung Biro Pusat Administrasi USU lantai 3 dan juga ditayangkan melalui aplikasi zoom, Jumat (25/6/2021),

"Peresmian fasilitas dan aplikasi layanan ini sejalan dengan keinginan universitas untuk menuju perguruan tinggi berstandar internasional," paparnya sembari menyampaikan hal itu juga menjadi salah satu terobosan dalam upaya mewujudkan reformasi birokrasi dengan memperingkas atau mempercepat layanan informasi dan administrasi serta kepentingan akademik lainnya kepada seluruh civitas akademika USU serta masyarakat umum yang membutuhkan.

“Website USU yang saat ini kita resmikan penggunaannya merupakan bentuk baru website USU yang mengakomodir seluruh informasi terkait berbagai kemajuan yang telah dicapai USU dalam berbagai hal, juga menyajikan informasi kegiatan akademik, kegiatan pimpinan maupun kebijakan-kebijakan baru yang diberlakukan,” ungkapnya. 

Secara bertahap, lanjutnya , yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, sehingga memungkinkan semua orang di berbagai penjuru dunia dapat mengakses informasi yang ada di dalamnya. Mengingat bahasa Inggris sampai hari ini masih dipergunakan sebagai bahasa internasional dan penyajian website berbahasa Inggris ini juga diarahkan sebagai salah satu upaya Universitas Sumatera Utara menuju internasionalisasi perguruan tinggi. 

“Tidak tertutup kemungkinan, website USU ini juga akan dikembangkan dalam layanan bahasa lain yang akan menjangkau pemirsa dan pengakses informasi yang lebih luas. Kami berharap layanan website USU yang baru ini mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh seluruh pihak terkait perkembangan Universitas Sumatera Utara,” tandas Dr Muryanto.

Menurutnya Aplikasi Satu Atap (ASA) merupakan aplikasi untuk mengelola persuratan ke fakultas yang melibatkan banyak pihak dalam proses pengajuan, verifikasi, dan proses mendapatkan hasil sesuai SOP yang berlaku. 

Adapun e-Office dimaksudkan untuk memfasilitasi satuan kerja di USU dalam mengelola dokumen surat-menyurat secara online. Sedangkan Sistem Informasi Agenda ditujukan untuk membantu mengorganisir kegiatan yang ada di Satuan Kerja. Agenda kegiatan dapat diakses pimpinan atau pihak tertentu yang diberi izin di mana, agenda kegiatan juga terintegrasi dengan web USU.

Selain itu, fasilitas yang juga diresmikan di USU Whistle Blower System (WBS), yang hadir sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi terhadap hal-hal terkait USU. 

“Kita semua berharap, agar seluruh layanan yang telah diluncurkan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk tujuan yang kita inginkan dan membantu seluruh urusan yang ingin kita selesaikan, serta membantu mewujudkan USU menjadi perguruan tinggi berstandar internasional yang mengedepankan kecepatan dan keakuratan informasi, tentunya dengan tetap berpegang teguh kepada kearifan lokal,” tukasnya. 

Hadir secara luring Wakil Rektor I USU Dr Edy Ikhsan, SH, M Hum, Warek II Dr M Arifin Nasution SSos MSp, Warek III Dr Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan SSi MSi Apt, Warek IV Prof Dr Drs Opim Salim Sitompul MSc, Warek V Ir Luhut Sihombing MP dan Sekretaris USU Prof Dr dr M Fidel Ganis Siregar MKed (OG) SpOG (K). Sementara untuk daring dihadiri oleh para Dekan Fakultas, Direktur Sekolah Pascasarjana, Direktur RS USU, Direktur RSGM, para staf ahli rektor, Kepala PSI, Ketua LP, Ketua LPPM, Kepala Perpustakaan, para Ketua Departemen/Program Studi Fakultas, para Kepala UPT/Unit Kerja, Tim Pengaduan Whistle Blower System Universitas Sumatera Utara, Kepala Biro, Kepala Bagian dan Sub Bagian serta para jurnalis media mitra USU. (Ir/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini