Rektor Unimed Tutup KKN 2021

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) menutup Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unimed tahun 2021 secara daring melalui aplikasi zoom Meeting pada Senin (16/8/2021). 

KKN tersebut diikuti 4.134 orang dari 7 Fakultas yang tersebar dalam 51 Program Studi, yang dibimbing oleh 328 DPL. Pelaksanaan KKN tersebar pada 13 Provinsi, 73 Kabupaten/Kota pada 1165 Desa/Kelurahan.

Demikian Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom MSKM MKes melalui Kepala Humas M Surip kepada wartawan, Jumat (20/8/2021).

Dikatakannya, penutupan KKN tersebut selain dihadiri Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom MSKM MKes juga diikuti para Wakil Rektor, Direktur PPs, Dekan, Ketua Jurusan, Ketua Prodi, Ketua LPPM, dan Kepala Lurah/Desa Mitra Pelaksanaan KKN Unimed tahun 2021.

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom MSKM MKes, menyampaikan KKN yang telah dilaksanakan seluruh mahasiswa Unimed di tahun 2021 ini merupakan salah satu bentuk bakti mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat melalui kemitraan Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Desa/Kelurahan sebagai wujud Tri dharma Perguruan Tinggi. 

KKN merupakan mata kuliah wajib dalam kegiatan intrakurikuler dengan bobot 3 SKS. Pelaksanaan KKN mahasiswa tahun ini dilaksanakan bertepatan pada masa peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penularan Covid-19. 

"Atas dasar itu, lokasi KKN disesuaikan dengan domisili kampung/desa dimana para mahasiswa tinggal," paparnya. 

Kegiatan dan program yang dilaksanakan juga harus berkaitan dengan penanganan Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan di masyarakat. Hal tersebut agar kegiatan KKN ini memberikan sumbangsih bagi pemerintah, terutama pemerintah desa di lokasi KKN dalam pencegahan dan penularan Covid-19.

Lanjut Rektor menyampaikan tema pelaksanaan KKN mahasiswa Unimed tahun 2021 "Revitalisasi Desa di Era New Normal Menuju Indonesia Emas 2045".

Berdasarkan tema tersebut, tentu sudah banyak yang dilakukan para peserta KKN di semua lokasi dalam menyahuti ketercapaian tema pelaksanaan KKN. 

"Semua program kegiatan yang dilaksanakan oleh seluruh peserta KKN di lokasi pelaksanaan. Saya yakin semua yang telah dilaksanakan seluruh peserta KKN akan berkesan bagi seluruh masyarakat dan pemerintah desa/kelurahan. Serta akan menjadi pengalaman berharga bagi saudara semua mahasiswa yang telah selesai mengikuti KKN," paparnya. 

Pengalaman tersebut, ungkapnya, akan menjadi modal berharga para mahasiswa dalam meniti karir untuk sukses hidup di masyarakat setelah lulus studi.

Sebelumnya, ungkapnya, Drs Jamalum Purba MSi sebagai koordinator pusat KKN juga menyampaikan setiap mahasiswa KKN melakukan observasi, melakukan program kerja dibawah kordinasi kepala desa/lurah dan DPL. Program ini menjadi acuan aktifitas mahasiswa selama melakukan KKN di desa/kelurahan. 

Selama pelaksanaan KKN mahasiswa dilakukan monev masing-masing DPL secara online untuk mengetahui keterlaksanaan program yang telah disusun, apa kendala dan bagaimana solusi yang dilakukan."Selain monev DPL juga telah dilakukan monev pimpinan yang dilakukan pada tanggal 9-10 agustus 2021. 

Acara penutupan kegiatan KKN pada hari ini adalah berakhirnya kegiatan mahasiswa di desa/kelurahan bukanlah merupakan akhir pelaksanaan masa kuliah KKN karena mahasiswa masih harus menyelesaikan tahapan berikutnya yaitu penyusunan dan penyerahan laporan akhir pelaksanaan KKN dan presentasi laporan. Laporan akhir dan presentasi laporan dinilai oleh DPL sebagai komponen DPNA," tukasnya. (Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini