2.200 mahasiswa Dari 100 PT di Indonesia Siap Berkompetisi di PIMNAS ke-34

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - 2.200 mahasiswa dari 100 PT di Indonesia siap berkompetisi di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 tahun 2021 di Universitas Sumatera Utara (USU). Termasuk di dalamnya USU mengirimkan 36 tim dari berbagai fakultas.

Demikian Rektor USU  Dr Muryanto Amin SSos MSi didampingi Ketua Umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 Dr Eddy Ikhsan dan Ketua Harian Doli Muhammad Jafar Dalimunthe kepada media ketika ditemui usia temupers PIMNAS ke-34 2021 dengan tuan rumah USU yang digelar di lobby Biro Administrasi USU, Kamis (16/9/2021).

Dikatakannya, dalam PIMNAS ke-34 dengan tuan rumah USU akan diikuti 36 tim dari USU dengan tim unggulan pengembangan pengolahan Briket dan Daun Jarak.

Lebih lanjut dikatakannya kegiatan ini berlangsung mulai 26-29 Oktober 2021 secara hybrid (daring dan luring) dengan tema "Menuju Indonesia Emas Melalui Kolaborasi Intuk Inovasi dalam Bingkai Kearifan Lokal". 

Dalam kegiatan yang dipandu Kepala Kantor Humas Protokoler dan Promosi Amalia Meutia MPsi Psikolog dihadiri secara luring Sekretaris Rektor Prof Dr dr Fidel Ganis, para Wakil Rektor, pejabat MWA, Senat dan Dewan Guru Besar serta dari jalur virtual hadir direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek dan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa).

Pada PIMNAS ke-34 ini, USU memodifikasi logo PIMNAS dengan menambahkan elemen lima kobaran api yang menyala pada sisi kiri logo. Filosofi dari jumlah kobaran api tersebut menunjukkan asas Pancasila yang diserap dalam seluruh sendi kehidupan oleh seluruh rakyat Indonesia

Lebih jauh, rektor mengatakan, menjadi tuan rumah PIMNAS ke 34 merupakan kebanggan bagi USU.

”Kita bisa menjadi tuan rumah karena USU dipercaya mampu. Semoga pelaksanaan PIMNAS  berjalan lancar dan sukses hingga akhir," ucapnya. 

Rektor  berharap PIMNAS ke-34 ini mampu mendorong para mahasiswa di Indonesia untuk lebih giat dalam berinovasi.

Di mana PIMNAS momentum melahirkan banyak ilmuan muda yang berkarya memiliki dampak kebaikan bagi masyarakat dan bangsa. Rektor  berjanji akan memberikan aparesiasi berupa beasiswa bagi mahasiswa yang meraih prestasi di PIMNAS ke-34 ini yakni mendapatkan beasiswa S2 dengan syarat menjadi dosen USU.

Rektor USU pada kesempatan itu meluncurkan mascot PIMNAS burung Beo Nias yang diberi nama ITO. 

ITO diambil dari “partuturan” dalam adat Batak yang merupakan sebutan atau panggilan pria kepada wanita atau sebaliknya yang berbeda jenis kelamin.

ITO juga memiliki arti lebih khusus yaitu merupakan akronim dari  I yakni intelligent, Tough and Outstanding, yang setiap unsurnya terlebur dalam penampilan maskot PIMNAS ke-34.

Karakter Intelligent hadir dalam warna biru pada sayap dan ekor yang melambangkan kecerdasan, komunikatif dan andal. Karakter Tough hadir dalam warna merah pada pakaian adat khas Sumatera Utara yang melambangkan ketangguhan, keberanian, kekuatan dan semangat yang besar

"Pada tahun 2021 PIMNAS ke-34  diselenggarakan secara daring dan luring, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga tidak memicu klaster baru Covid-19," paparnya.

Dalam kesempatan itu rektor juga menyampaikan pascasukses memproduksi prototipe mobil hemat energi (Mobil Horas) yang menjuarai ajang kompetisi otomotif nasional maupun internasional, kali ini mahasiswa USU saat ini tengah mengembangkan pembuatan pesawat tanpa (drone) yang akan diikutsertakan dalam perlombaan robotik nasional Oktober mendatang.

Dikatakannya, ke depannya USU tidak hanya mengembangkan teknik pembuatan mobil tetapi terus melangkah lebih jauh untuk mengembangkan pesawat tanpa awak (drone).

"Kita berharap ini mendulang sukses menjuarai perlombaan seperti yang diraih Tim Mobil Horas," ungkapnya.

Sementara Ketua Umum PIMNAS ke 34 USU, Dr Edy Ikhsan SH MA mengatakan, PIMNAS merupakan tahap terakhir dari pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang menjadi wadah mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual.

“Kegiatan PIMNAS mendapat dukungan penuh dari gubernur Sumatera Utara dan wali Kota Medan,” paparnya sembari menyampaikan PIMNAS, sambungnya,  juga menjadi sarana menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.

“Dari 2.200 peserta PIMNAS, 36 tim dari mahasiswa dari USU. Target kita dalam PIMNAS ini adalah meraih medali emas di semua kegiatan yang diperlombakan. Kita targetkan juara umum lah,” paparnya.

Lebih jauh disampaikannya, sebagai  tuan rumah USU berharap banyak untuk meraih kesuksesan.  

PIMNAS  merupakan PKM diluncurkan Kemendikbud-ristek yang menjadi sarana pengembangan kreativitas mahasiswa yang berjiwa entrepreneur, berbudaya dan inovatif. Ia juga berharap, PIMNAS dapat mendorong reputasi USU  di tingkat nasional dan juga internasional. Memperkuat atmosfer riset kepada civitas akademika Universitas Sumatera Utara. Terakhir, melalui PIMNAS akan lahir ilmuwan-ilmuwan muda yang berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan Negara

Sebelumnya, Ketua Harian PIMNAS Doli M Jafar mengatakan, USU telah menyiapkan rangkaian acara  PIMNAS, antara lain, acara ramah tamah di Istana Maimun, pembukaan di pelataran Biro Rektor USU, pameran poster di gedung Pancasila USU dan Kuliah umum yang direncanakan diisi Menteri BUMN Erick Tohir serta acara penjurian dan acara closing ceremony di Auditorium USU. Sedangkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diperlombakan bidang kewirausahaan, Penelitian Eksakta , Penelitian Sosial Humaniora, Karsa Cipta Penerapan Teknologi, Pengabdian kepada Masyarakat, Gagasan Tertulis, dan Gagasan Futuristik Konstruktif.

“Estimasi jumlah peserta yang akan ikut dalam PIMNAS ke-34 adalah kurang lebih 2.200 mahasiswa yang akan dibimbing oleh 700 dosen pendamping yang akan hadir secara daring, dan 105 dewan juri yang diharapkan akan hadir secara luring,” paparnya. (Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini