Dampingi Menko Marves di TSTH, Edy Rahmayadi: Tanaman Herbal Cocok di Sumut

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mendukung pengembangan tanaman herbal ada di Sumatera Utara (Sumut). Menurutnya tanaman herbal sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Selain manfaat kesehatan, manfaat ekonomi juga akan didapatkan masyarakat, apabila pengembangan herbal tersebut berhasil. 

"Menurut saya, tanaman herbal ini cocok dikembangkan di Sumut, mengingat Sumut juga memiliki potensi besar dalam pengembangan bermacam tanaman, " kata Gubernur saat mendampingi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan meninjau pembangunan Taman Sains dan Teknologi Herbal (TSTH) di Desa Aek Nauli, Kecamatan Pollung, Humbang Hasundutan (Humbahas), Rabu (1/9/2021). 

Namun, kata Gubernur, untuk mewujudkan itu perlu dukungan setiap pihak. Mulai dari pusat hingga daerah. "Untuk mewujudkan ini, tentu memerlukan dukungan penuh dari setiap pihak, " katanya.

Lebih lanjut, dijelaskannya, TSTH berfungsi sebagai tempat budidaya dan pengembangan tanaman herbal. Selain itu, TSTH juga menyediakan bibit unggul hingga pemberdayaan petani lokal. Saat ini persiapan pembangunan TSTH sudah memasuki proses land clearing atau pembersihan lahan seluas 200ha. 

Sementara, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, TSTH dilaksanakan oleh berbagai universitas ternama mulai dari Institut Teknologi Del, Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Institut Pertanian Bogor. "Kita lihat tadi sudah (proses) masuk land clearing, persiapannya sudah kita lihat bagus, " ujarnya.

Luhut menargetkan bulan Oktober akhir atau November sudah memasuki proses groundbreaking pembangunan TSTH. Apabila program TSTH berhasil, Sumut akan menjadi percontohan tempat pengembangan tanaman herbal. "Semua sudah bagus, kalau pertanian ini nanti jalan, akan di copy tempat lain, " ungkapnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wamen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Kapolda Sumut RZ Panca Putra Simanjuntak, Kasdam I/BB Didied Pramudito, dan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor.(Cok/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini