Pemkab Karo Serahkan Santunan Ahli Waris Korban Longsor Lau Bawang

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Sebanyak 4 (empat) keluarga korban bencana tanah longsor Gang Lau Bawang, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada kamis malam (26/08/2021) lalu, menerima santunan. Sesuai data 5 (lima) orang korban meninggal dunia dan 4 (empat) selamat dan dirawat di Rumah Sakit. 

Kementerian Sosial RI bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten Karo menyerahkan santunan ahli waris dan bantuan bagi korban bencana tanah longsor, yang dilaksanakan di Jambur (Pendopo) Pemkab.Karo, (31/08/2021).

Pemberian dan besaran bantuan yang diberikan antara lain : 

- Dari Kementerian Sosial RI memberikan uang santunan ahli waris korban yang meninggal dunia sebesar Rp.15.000.000,-/ jiwa dan uang santunan bagi korban yang dirawat di RSU Kabanjahe sebesar Rp. 5000.000,- Dari Pemerintah Provinsi Sumatera utara berupa 4 (empat) paket logistik.

Dari Pemerintah Kabupaten Karo berupa 4 (empat) paket logistik dan sembako. PT. Inalum memberikan bantuan uang santunan sebesar Rp.3.000.000,-/KK dan 4 (empat) paket sembako.

Sebelum penyerahan santunan dan bantuan kepada korban, terlebih dahulu Camat Kabanjahe Leonard Girsang menjelaskan kronologis kejadian dan penanganan bencana tanah longsor tersebut.

Bupati Karo Cory S Sebayang dalam sambutannya mengucapkan kepada Pemerintah Pusat dan Provinsi dan PT.Inalum kepada masyarakat yang tertimpa musibah. Juga menuturkan rasa simpati dan turut berduka cita kepada seluruh keluarga korban. 

"Terima kasih kami ucapkan kepada Kementerian Sosial RI dan pemerintah Provinsi Sumatera utara atas perhatian dan bantuannya yang diberikan kepada korban bencana tanah longsor begitu juga kepada PT.Inalum," sebut Bupati Karo.

"Tetap tabah dan bersyukur kepada Tuhan, Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi keluarga, jangan dilihat dari besar kecilnya bantuan yang diberikan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat," ungkap Bupati Karo kepada penerima bantuan.

Selain itu, mengingat saat ini musim penghujan, Bupati Karo juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Karo untuk tetap berhati-hati, selalu siaga dan waspada terhadap ancaman bencana yang dapat terjadi kapan saja.

Plt Kadis Sosial Provinsi Sumatera Utara, Manna Wasalwa Lubis dalam sambutannya mengatakan turut berduka cita, semoga santunan dan bantuan bermanfaat dan menjadi pelipur lara bagi keluarga korban.

"Walaupun santunan dan bantuan yang diberikan tidak dapat mengembalikan kebahagian keluarga ketika masih bersama-sama dengan para korban, namun perhatian pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial RI dan provinsi Sumatera Utara bermanfaat, semoga dapat menjadi penghapus lara keluarga untuk menatap hari-hari kedepan lebih optimis lagi, " kata Manna Wasalwa Lubis.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, Dandim 0205/TK Letkol  Kav Yuli Eko Hadiyanto, Kapolres Tanah Karo AKBP. Yustinus Setyo, perwakilan Kementerian Sosial RI Dika Yudistira, Manager CSR PT. Inalum Ali Hasian Harahap, Perwakilan Kejari Karo Mas Ben Saragih, Perwakilan Yonif 125/SMB, Kadis Sosial Kab Karo Benyamin Sukatendel, Direktur RSU Kabanjahe dr. Arjuna, Kabag Humas protokol F.Leonardo Surbakti, Camat Kabanjahe Leonard B Girsang.(SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini