Pemkab Samosir Ikuti Webinar Akselerasi UGG-KDT

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – Bupati Samosir,Vandiko T. Gultom mengikuti webiner terkait Akselerasi UGG-KDT yang merupakan Destinasi Wisata Internasional Pemerintah.

Bupati yang didampingi pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir, dengan thema “Mewujudkan Unesco Global Geopark Kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Wisata Dunia”, di gelar Civitas Akademik Universitas Katolik (Unika) Parahyangan, Selasa (31/8/2021).

Bupati bersama Ketua Harian Badan Pengelola UGG GKT Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Kepala Bidang Edukasi dan Litbang Badan Pengelola UGG GKT dan Rektor Unika Parahyangan Mangadar Situmorang sebagai moderator Andi Kumala Sakti.

Dikesempatan Bupati menyampaikan, Pemkab Samosir sedang menyusun RPJMD 2021-2026 guna menyelaraskan Kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) serta Nasional dimana Samosir sebagai kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DSPS) sejak Tahun 2019, untuk itu perlu dukungan juga sinergisitas dari stakeholder dalam percepatan terwujudnya Danau Toba sebagai pariwisata nasional dan internasional.

Bupati Samosir juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan atas diterimanya Geopark Kaldera Toba menjadi Unesco Global Geopark (UGG) pada 2 Juli 2020 lalu, sehingga Kaldera Toba dikenal diseluruh Dunia, Kaldera Toba memiliki 3 Aspek keragaman yang saling berkaitan yaitu; 1.Goe-Diversity (Keragaman Geografi), 2.Bio-Diversity (Keragaman Hayati), 3.Culture-Diversity (Keragaman Budaya).

 Ini juga sebagai peluang menjadi salah satu bagian Promosi Pariwisata Dunia untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Samosir.

Selain itu, sebagai arah kebijakan visi-misi RPJMD 2021-2026 untuk mendukung Pariwisata berbasis Geopark guna meningkatkan kualitas sarana dan Prasarana, Peningkatan Kapasitas dan Pemberdayaan peran masyarakat dalam pengembangan kepariwisataan, Peningkatan Sinergitas kepariwisataan berbasis Agrowisata, Ekowisata, dan Geopark, Pengutamaan Produk UMKM Ekonomi Kreatif, Konservasi lahan berkelanjutan, Pemberdayaan masyarakat lokal di sekitar Geosite, Peningkatan Infrastruktur dan Sarana Prasarana untuk peningkatan ekonomi lokal masyarakat, Membuat kurikulum tentang Geopark Kaldera Toba ke dalam muatan lokal di sekolah.

Sementara Rektor Unika Parahyangan Mangadar Situmorang, menjelaskan ada beberapa untuk mengakselerasikan UGG-KDT sebagai Destinasi Wisata Kelas Dunia antara lain: 1. Modalitas (Kekayaan Alam, Keindahan Alam, Kebudayaan yang Khas, Masyarakat yang terbuka, dan Religiusitas), 2. Legalitas dan Kebijakan Pemerintah, 3. Akselerasi substansi (edukasi publik, koordinasi antar stakeholder untuk akselerasi pembangunan, kaloborasi pentahelix).

Sambungnya, telah menyusun Master Plan Kawasan Sigulatti sebagai pusat informasi Unesco Global Geopark Kaldera Toba Samosir, disampaikan bahwa Indonesia merupakan peringkat 9 Dunia untuk tujuan Wisata. Bupati di undang dalam acara Global Tourism Forum Leaders Summit Asia Indonesia yang akan dilaksanakan pada 15-16 September 2021,”imbuhnya menutup.(HTS/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini